Tips dan Contoh Membuat Lowongan Pekerjaan

0
952
Tips dan Contoh Membuat Lowongan Pekerjaan
Tips dan Contoh Membuat Lowongan Pekerjaan

Tips dan Contoh Membuat Lowongan PekerjaanMembuat lowongan pekerjaan terlihat cukup simpel namun ternyata memerlukan perhatian. Tidak cukup mudah dan tidak sesimpel yang dipikirkan. Membuat lowongan pekerjaan memerlukan tipsnya tersendiri agar terlihat menarik dan tentunya layak baca.

Semakin menarik lowongan pekerjaan tentunya akan semakin banyak disukai calon kandidat. Nah hari ini kita akan membahas cara membuat lowongan pekerjaan, tips beserta contohnya. Silahkan ikuti sampai habis!

 

5 Komponen yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Lowongan Pekerjaan

5 Komponen yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Lowongan Pekerjaan
5 Komponen yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Lowongan Pekerjaan

Dalam membuat lowongan pekerjaan umumnya HRD maupun user sudah memiliki bayangan, apa dan bagaimana karakter yang dicari untuk karyawan baru. Namun untuk menuliskannya dalam bentuk lowongan pekerjaan memerlukan cara tersendiri. Ketahui 5 komponen yang harus diperhatikan dalam membuat lowongan pekerjaan berikut ini

1. Tingkat Pendidikan

Tingkat pendidikan adalah hal yang harus diperhatikan dalam mencari karyawan baru. Setiap perusahaan memiliki kriteria pendidikan untuk karyawannya masing-masing. Ada yang lebih menyukai karyawan dengan minimal lulusan SMA, D3 sampai dengan S1 juga S2 untuk kondisi tertentu.

Tentukan minimal tingkat pendidikan untuk lowongan pekerjaan Anda. Hal seperti ini perlu didiskusikan dengan tim Anda.

2. Pengalaman Kerja

Ada beberapa pekerjaan yang mensyaratkan kandidat memiliki minimal pengalaman kerja, ada juga pekerjaan yang membebaskan lowongan tersebut diisi oleh fresh graduate dan kandidat yang tidak memiliki pengalaman di bidangnya. Anda bisa memilih kandidat non berpengalaman karena perusahaan masih memiliki waktu untuk training dan mengajarkan hal baru untuk karyawan.

Namun perlu diperhatikan juga karyawan yang memiliki pengalaman kerja akan lebih memudahkan perusahaan karena tidak perlu banyak training dan membutuhkan waktu untuk penyesuaian pekerjaan karyawan lagi. Untuk posisi tertentu memang diperlukan pengalaman kerja.

3. Spesifikasi Bidang yang Harus Dikuasai

Ada pekerjaan yang memiliki spesifikasi khusus. Misalnya digital marketing, kontraktor, talent content, content writer dan lainnya. Jika memiliki syarat khusus yang harus dipenuhi maka hal ini harus dituliskan dengan gamblang di lowongan pekerjaan.

Menuliskan syarat spesifikasi bidang yang harus dikuasai seperti ini akan menjadi filter awal sehingga hanya orang-orang yang memiliki skill tersebut yang akan daftar.

4. Informasi Pekerjaan

Informasi terkait pekerjaan adalah nama pekerjaan, jenis pekerjaan (part time, fulltime, freelance), lokasi penempatan, jam kerja dan deskripsi pekerjaan perlu dituliskan dengan baik di lowongan pekerjaan. Sehingga calon kandidat yang akan melamar pekerjaan memiliki bayangan dari pekerjaan tersebut.

5. Informasi Perusahaan

Informasi perusahaan seperti sosial media, nama perusahaan, logo maupun email perusahaan. Informasi ini akan membantu calon pendaftar untuk mencari tahu tentang perusahaan dan menjadi bekal informasi ketika akan interview nantinya. Pun calon pendaftar juga akan tahu tentang bagaimana gambaran perusahaan yang akan ia lamar. Hal ini kurang begitu diperhatikan namun sebenarnya cukup penting untuk calon pendaftar.

Jadi sebelum membuat lowongan pekerjaan perlu diperhatikan beberapa hal di atas. Sehingga perusahaan dapat menyebarkan lowongan pekerjaan yang proper dan menarik sedangkan calon pendaftar juga dapat memahami informasinya secara lengkap dan mudah dipahami.

 

Tips Memasang Lowongan Pekerjaan Agar Mudah Ditemukan Pelamar

Pernah merasakan memasang lowongan pekerjaan namun tidak ada yang melamar? Jangan sampai hal ini terjadi lagi. Berikut adalah tips memasang lowongan pekerjaan agar mudah ditemukan pelamar.

1. Membuat Flyer yang Profesional

Salah satu hal yang membuat pelamar tertarik dan mendaftar di perusahaan dilihat dari desain banner lowongan pekerjaan yang digunakan. Dari desain banner dapat dilihat apakah perusahaan profesional atau hanya asal desain. Dari desain banner maupun sosial media yang tercantum dapat menjadi sedikit gambaran manajemen dan citra perusahaan.

2. Informasi Lengkap

Tulis informasi yang lengkap tentang lowongan pekerjaan baik di banner lowongan pekerjaan maupun deskripsi tambahan. Semakin lengkap informasi akan semakin memudahkan calon pendaftar dengan baik.

aplikasi absensi online

3. Pasang di Sosial MJedia / Website Official

Jika perusahaan memiliki sosial media yang aktif seperti Twitter, Linkedin, Instagram maupun Facebook dan Whatsapp maka sangat disarankan menggunakan sosial media tersebut sebagai media memasang banner lowongan pekerjaan. Hal ini akan sangat memudahkan lowongan pekerjaan dijangkau banyak orang. Sehingga perusahaan juga akan mendapatkan feedback nya. Menggunakan sosial media juga sangat mungkin untuk diiklankan agar menjangkau banyak orang.

4. Menggunakan Platform Rekrutmen

Selain sosial media, platform yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pelamar kerja adalah platform rekrutmen. Seperti Linkedin, Glints dan Jobstreet. Namun perlu diketahui bahwa platform ini tidak gratis. Ada biaya administrasi untuk memasang lowongan pekerjaan.

Jadi itulah tips memang lowongan pekerjaan. Silahkan membuat banner terlebih dahulu untuk kemudian di pasang di beberapa media.

 

Contoh Membuat Lowongan Pekerjaan

Berikut adalah beberapa contoh lowongan kerja yang bisa Anda ikuti untuk membuat lowongan pekerjaan di perusahaan.

1. Contoh Lowongan Kerja Content Writer

Anda bisa mengikuti lowongan kerja content writer seperti berikut. Dimana ada judul posisi pekerjaan, jenis pekerjaan, spesifikasi pekerjaan dan kontak yang dapat dihubungi untuk lowongan pekerjaan.

Contoh Lowongan Kerja Content Writer
Contoh Lowongan Kerja Content Writer

2. Contoh Lowongan Kerja Content Writer

Selanjutnya ini adalah contoh lowongan kerja desain grafis yang bisa Anda ikuti.

Contoh Lowongan Kerja Desain Grafis
Contoh Lowongan Kerja Desain Grafis

Nah jadi itulah beberapa contoh lowongan pekerjaan yang bisa diikuti dalam membuat lowongan untuk perusahaan Anda.

 

Kesimpulan

Membuat lowongan pekerjaan memang hal yang mudah-mudah sulit. Kita memiliki bayangan yang jelas namun perlu teknik untuk menyampaikannya di banner maupun platform lowongan kerja dengan bagus dan profesional.

Menggunakan beberapa contoh di atas maka sudah jelas bukan cara membuat lowongan pekerjaan yang bagus untuk perusahaan Anda? Jika urusan lowongan pekerjaan dibantu platform loker maka untuk kegiatan administrasi HR bisa dibantu dengan aplikasi absensi dari Kantor Kita.

Aplikasi HR Kantor Kita membantu mengelola administrasi karyawan dengan sangat mudah dan cepat. Pengelolaan absensi, payroll dan laporan absensi secara otomatis dan mudah. Tidak lagi manual karena sudah ada yang otomatis dari Kantor Kita!

Sekian informasi hari ini, semoga bermanfaat!

 

Previous articleTunjangan Makan Siang : Diberi Uang Atau Fasilitas Makan? 
Next articlePerlukan Perusahaan Memiliki Serikat Pekerja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here