Solusi Work from Home (WFH): Pantau Absensi dan Kinerja Karyawan – Pantau Absensi dan Kinerja Karyawan – Penyebaran wabah Covid-19 yang disebabkan virus corona saat ini sudah semakin besar dan ditetapkan menjadi pandemic di seluruh dunia oleh World Health Organization (WHO), sehingga pemerintah dan masyarakat berbondong-bondong melakukan social distancing.
Salah satu aksi untuk mengurangi risiko penyebaran adalah diberlakukannya kebijakan work from home yang telah dilakukan beberapa minggu terakhir.
Work From Home
(WFH) merupakan kegiatan bekerja yang dialihkan dari tempat bekerja ke rumah tinggal masing-masing dengan tujuan memperkecil kemungkinan karyawan berkontak langsung (direct contact) dengan orang lain.
Tentu saja hal ini memiliki dampak dari sistem perkantoran itu sendiri, mulai dari sistem absensi, jam kerja, maupun sistem pembagian tugas.
Dilema perusahaan tidak hanya sampai disitu, dari sisi kemanusiaan pasti memikirkan banyak nasib karyawan did dalamnya sehingga tidak memungkinkan untuk memaksa karyawan tetap masuk ke tempat kerja atau kantor, sedangkan disisi lain perusahaan tetap harus beroperasi agar perusahaan tetap berjalan.
Seperti yang kita ketahui, dalam bekerja, absensi merupakan hal yang penting. Ketepatan waktu akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan untuk menilai etos kerja dan tanggungjawab karyawan.
Oleh karenanya, dengan pemberlakuan sisten WFH, perubahan kegiatan absensi perlu dipertimbangkan dengan matang. Disamping itu, dengan pemberlakuan WFH, jam kerja efektif karyawan juga akan semakin sulit dipantau sehingga hal ini juga jadi pertimbangan karena dapat merugikan perusahaan, Ditambah dengan koordinasi yang lebih terbatas, pembagian tugas kepada karyawan juga sedikit terhambat.
Sebagai salah satu terobosan baru untuk solusi WFH adalah pemanfaatan aplikasi absensi Kantor Kita. Aplikasi ini sudah cukup canggih dan lengkap, dimana mudah dioperasikan dan tentunya menguntungkan bagi perusahaan yang melakukan WFH.
Dalam satu aplikasi, banyak fitur yang bisa digunakan untuk mendukung WFH sehingga kinerja karyawan dapat dipantau dengan baik. Fitur utama dari Kantor Kita adalah absensi online yang bisa dilakukan dimana saja melalui perangkat aplikasi android.
Dengan begitu, perusahaan dapat memantau dan mendapatkan rekapitulasi absensi karyawan-karyawannya secara real-time. Baca juga : Merasa Penat Karena Work From Home? Ini Beberapa Tips yang Bisa Kalian Lakukan di Tengah-tengah Kesibukan Work From Home!
Kantor Kita dilengkapi berbagai fitur yang mengatur lokasi absensi, sehingga penggunaannya lebih flexible. Jika aturan absensi wajib di kantor, maka aplikasi ini bisa diatur sehingga diluar jangkauan kantor tidak dapat melakukan absensi.
Kebalikannya, jika WFH mengijinkan untuk akses absensi diluar jangkauan kantor, maka aplikasi ini akan mencatat lokasi mana saja yang digunakan karyawan pada saat absensi. Selain mendapatkan data waktu absensi, perusahaan juga akan menerima data lokasi absensi.
Tidak hanya itu, aplikasi Kantor Kita juga memberlakukan fitur tracking sehingga memungkinkan perusahaan untuk melihat perpindahan karyawan bersangkutan. Hal ini juga bisa digunakan perusahaan untuk memantau aktivitas karyawan selama jam kerja. Karena pada dasarnya WFH adalah pekerjaan yang dipidah lokasi berkerjanya, sehingga membutuhkan ekstra pantauan agar karyawan tidak merugikan perusahaan.
Diluar sistem WFH, fitur tracking pada aplikasi absensi Kantor Kita juga dapat digunakan untuk memantau pekerjaan di luar kantor, seperti perjalanan dinas. Tidak hanya untuk pemantauan dinas harian atau pulang-pergi dalam satu hari, namun bisa berfungsi untuk perjalanan dinas yang cukup lama.
Oleh karenanya perusaahan bisa melakukan monitoring pada setiap perjalanan kantor karyawannya.
Selain itu, Kantor Kita juga memberikan pelayanan unlimited jumlah karyawan, so untuk perusahaan yang memiliki banyak karyawan tidak perlu cemas.
Perusahaan dapat mendaftarkan akun Kantor Kita melalui website resminya www.kantorkita.co.id dan bisa langsung melakukan input data karyawan yang akan dimasukan dalam sistem. Sedangkan bagi karyawan, akan ada sms atau email dari Kantor Kita untuk melakukan login setelah dilakukan invite oleh perusahaan. Mudah bukan?
Kantor Kita juga memberikan solusi lain untuk masalah WFH, yaitu sistem jam kerja yang mudah dikelola.
Bagi pekerjaan yang membutuhkan sistem shift, Kantor Kita dilengkapi dengan fitur tersebut, jadi jangan khawatir untuk pemberlakuan multi jam kerja.
Solusi WFH Kantor Kita untuk masalah tugas juga bisa dipecahkan. Pasalnya, aplikasi perkantoran Kantor Kita ini dibekali fitur tugas. Fitur ini sangat membantu dalam pembagian tugas maupun kerja tim, sehingga pemantauan progress tugas akan lebih mudah dilakukan.
Task atau tugas bisa saja ditanggung oleh lebih dari satu orang, jadi fitur ini sangat membantu dalam manajemen tugas tersebut. Fitur ini juga dilengkapi akses sharing data, sehingga diskusi mengenai tugas menjadi lebih mudah. Sistem ini dibuat untuk mempermudah koordinasi, sehingga penanggungjawab tugas (siapapun tidak harus selalu atasan, namun bisa antar karyawan) bisa membuat tugas lalu melakukan invite kepada tim yang bersangkutan. Dengan begitu progress akan terlihat dan dapat dipantau bersama-sama.
Aplikasi Kantor Kita sangat menunjang sistem dan solusi work from home karena dilengkapi dengan fitur laporan. Fitur laporan memudahkan pegawai saling berinteraksi dan membagikan dokumen. Jika dalam fitur tugas, bisa dibagi menjadi berbagai task, sedangkan fitur laporan bisa digunakan untuk memberikan laporan perkerjaan.
Atasan bisa langsung melakukan koreksi maupun berdiskusi pada fitur ini Fitur-fitur ini tentunya menjadi solusi bagi perusahaan untuk memantau hasil kinerja karywan selama WFM.
Kantor Kita merupakan aplikasi absensi android yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perkantoran. Interface atau tampilan yang disajikan dibuat sederhana untuk memudahkan pengguna baik perusahaan maupun karyawan, mudah dalam mengoperasikannya.
WFH Bersama Kantor Kita akan menjadi lebih mudah dan aman. Satu aplikasi, multifungsi dan menjadi solusi WFH kita.
Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar aplikasi perkantoran Kantor Kita, silahkan kunjungi website Kantor Kita dan kontak melalui live chat, customer care Kantor Kita akan memberikan solusi terbaik bagi Anda. Cari tau lebih lanjut tentang Kantor Kita disini.