Seberapa Penting Sih Portofolio Untuk Pekerja?

0
4269
Seberapa Penting Sih Portofolio Untuk Pekerja

Seberapa Penting Sih Portofolio Untuk Pekerja?Sudah bekerja lama dan memiliki banyak pengalaman kerja maupun project namun tidak dikumpulkan dalam portofolio? Sayang banget!

Ketika kamu membaca artikel ini, akan lebih baik jika kamu merencanakan pembuatan portofolio mulai dari sekarang.

Karena apa? Sebab portofolio kerja ini merupakan kunci yang bisa membantu kamu dinilai sesuai kompetensi kamu. Semakin banyak pengalaman dan project yang sudah dilakukan maka bisa membantu kamu mendapatkan nilai yang lebih tinggi dalam dunia kerja.

Segera kumpulkan hasil karya terbaik kamu untuk membuat portofolio. Mari kita bahas bersama pentingnya portofolio untuk pekerja.

 

Portofolio untuk Pekerja

Portofolio berasal dari kata port dari report (laporan) dan folio atau full (penuh) yang memiliki arti kumpulan dokumen lengkap dari individu, kelompok maupun organisasi. Dimana portofolio dibuat untuk tujuan menunjukkan hasil laporan kerja atau project yang sudah dikerjakan oleh individu/kelompok.

Dalam dunia kerja, portofolio ini bukan hal yang asing, melainkan cukup familiar karena banyak bidang yang memerlukan portofolio untuk proses recruitment kerja maupun hiring freelancer.

Tentu saja portofolio ini memberikan banyak dampak untuk karir seseorang, karena portofolio dalam dunia kerja digunakan untuk menilai kualitas calon karyawan/pekerja. Tentu saja semakin berkualitas portofolio kamu akan membuka jalan lebih luas untuk kesempatan kerja.

aplikasi absensi online
Cara Mudah Pantau Produktifitas Karyawan

 

Kapan Sih Portofolio Diperlukan?

Portofolio dalam dunia kerja, kapan sih diperlukan? Apakah semuanya memerlukan portofolio? Ada waktu tertentu dimana kamu perlu menyiapkan portofolio.

1. Recruitment Kerja Karyawan

Proses recruitment karyawan merupakan salah satu keadaan dimana kamu perlu menyiapkan portofolio. Dari perusahaan umumnya juga memberikan syarat portofolio.

Untuk proses recruitment kerja seperti ini, memberikan portofolio berkualitas akan membantu kamu mendapatkan score yang tinggi bahkan juga bisa membuka kesempatan besar untuk diterima di perusahaan tersebut.

Baca Artikel : Psikotes Dalam Recruitmen Karyawan : Jenis Dan Kegunaannya  

2. Hiring Freelancer

Hampir sama dengan proses recruitment karyawan, portofolio juga sangat dibutuhkan freelancer untuk menunjukkan skill dan pengalamannya.

Persaingan di dunia freelance cukup ketat dimana ada banyak pesaing dan ketersediaan freelancer sehingga memiliki portofolio yang berkualitas bisa membantu karir  freelance kamu.

Freelance pada bidang apapun akan sangat memerlukan portofolio. Semakin banyak projects yang kamu ikuti, akan meningkatkan nilai diri sehingga akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk dipilih juga menaikkan rate fee yang diberikan.

Untuk kamu freelancer, jangan lupa untuk membuat portofolio yang menarik ya, karena akan selalu dibutuhkan!^^

3. Mengikuti Tender

Kamu memiliki usaha atau organisasi atau kelompok kerja yang sedang banyak mencari proyek dan mengikuti tender? Siapkan portofolio terbaik agar bisa memenangkan tender.

Untuk kelas perusahaan atau organisasi pastinya portofolio harus berbeda dengan portofolio individu. Harus lebih profesional, tidak hanya menarik namun juga rapi dan berisi.

Persaingan untuk mendapatkan proyek juga bukan hanya yang mudah karena tingkat persaingan tinggi dan kelas saingan berat, sehingga buat portofolio terbaik untuk memenangkan tender!

Penggunaan portofolio banyak dibutuhkan dalam beberapa waktu di atas, jika ingin mencari project maupun melamar pekerjaan kreatif akan lebih baik membuat portofolio dulu ya!

 

Perbedaan Portofolio dan CV

Banyak yang masih awam dengan perbedaan portofolio dan cv, padahal ada beberapa perbedaan dasar dan penggunaan dari keduanya. Mari kita kupas perbedaannya satu persatu.

1. Struktur dan Isi

Untuk CV pastinya kita sudah sangat familiar ya. Berisi informasi data diri secara umum mulai dari kelahiran, pendidikan, kemampuan dan skill yang dimiliki dimana ini digambarkan secara ringkas dan jelas.

Contoh CV
Contoh CV

Sedangkan portofolio untuk pekerja memiliki isi dan struktur yang sangat berbeda dengan CV. Dimana portofolio hanya menunjukkan hasil kerja/karya yang sudah kamu buat  dengan jelas.

Baca : Tips Menggunakan Linkedin Untuk Freshgraduate

Dari contoh portofolio ini pemberi project akan menilai seberapa baik kemampuan kamu dan apakah sesuai dengan karakternya sesuai dengan keinginan mereka.

Contoh portofolio
Contoh Portofolio | Sumber : Https://Thelocals.Dk/

Portofolio dalam dunia kerja hanya memberikan contoh hasil kerja terbaik kamu. Misalnya jika penulis, maka kamu bisa memberikan hasil tulisan yang pernah kamu kirimkan dan diliput di media apa saja.

Atau kamu seorang fotografer maka bisa membuat portofolio foto yang sudah pernah kamu ambil dan edit.

Begitu juga dengan bidang lain seperti desainer, editor, model dan bidang kreatif lainya.

2. Tujuan Penggunaan

Tujuan penggunaan portofolio dalam dunia kerja dan CV berbeda. Jika CV digunakan untuk mengenali dirimu secara umum dari diri sampai pendidikan maka portofolio digunakan untuk menilai kualitas kemampuan yang kamu miliki.

Keduanya memang diperlukan untuk proses recruitment kerja namun portofolio lebih memiliki bobot yang lebih berat untuk pertimbangan penerimaan pekerja.

3. Sifatnya

Berdasarkan sifatnya portofolio untuk karyawan digunakan secara khusus atau eklusif untuk menunjukkan kemampuan dan riwayat pekerjaan yang sudah dilakukan. Sedangkan CV lebih bersifat umum.

Bahkan di beberapa project freelance, banyak pemberi project yang tidak begitu memperhatikan CV namun lebih mengutamakan portofolio untuk melihat kemampuan kamu.

Jadi antara CV dan portofolio jelas bedanya ya! Penggunaannya sampai dengan sifatnya cukup berbeda.

 

Kenapa Perlu Membuat Portofolio Mulai Dari Sekarang?

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membuat portofolio segera mungkin, diantaranya adalah karena manfaatnya yang cukup menjanjikan. Mari kita bahas bersama di poin berikut.

1. Meningkatkan Nilai Diri

Salah satu manfaat dari memiliki portofolio adalah untuk meningkatkan nilai diri. Dari portofolio, orang kemudian akan tahu bahwa kamu sudah memiliki banyak pengalaman mengerjakan project tertentu juga orang mengetahui kualitas pekerjaan kamu.

Dengan kualitas yang kamu miliki tentunya orang lain akan membayar sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Semakin tinggi kualitas kamu maka akan memiliki nilai diri lebih baik.

2. Profesional

Memiliki portofolio juga memberikan kesan profesional khususnya di dunia kerja. Profesionalitas ini juga akan nampak dari tampilan portofolio yang kamu buat juga hasil pengalaman kamu.

Memiliki portofolio yang baik akan memperlihatkan bahwa kamu memperhatikan kondisi karir untuk lebih baik dan ingin memberikan kesan profesional kepada partner maupun calon mitra kerja.

Jadi, sudahkah kamu memiliki portofolio kerja?

3. Membuka Kesempatan

Portofolio untuk pekerja sangat membantu kamu untuk mendapatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan atau project yang kamu inginkan. Hal ini karena kamu dinilai profesional dan memiliki nilai diri yang baik.

Dapatkan kesempatan terbaik dengan menyiapkan portofolio dengan maksimal sehingga hasilnya juga pasti maksimal.

4. Media Personal Branding

Memiliki branding diri akan sangat penting dibentuk di zaman digital seperti sekarang. Buat branding dirimu menggunakan portofolio yang menarik sesuai dengan bidang kamu. Jika branding diri sudah terbentuk maka akan membuat dirimu lebih mudah dikenali karakter dan spesialisnya.

Penting banget kan penggunaan portofolio untuk karir kamu, tidak hanya pekerja full time saja freelancer sangat membutuhkan portofolio ini untuk meningkatkan karirnya.

Baca Artikel Tentang : Contoh Form Penilaian Karyawan Terbaru

Software Hris Indonesia
Software Hris Indonesia

 

Kesimpulan

Sudah punya portofolio belum? Jika belum akan lebih baik punya portofolio mulai dari sekarang. Dimana portofolio dalam dunia kerja memberikan banyak manfaat untuk perjalanan karir kamu terutama yang banyak mencari project maupun yang lagi mencari kerja.

Untuk para HR, meminta portofolio kandidat juga penting untuk menilai seberapa baik kemampuan kandidat di bidang kerja yang dibutuhkan.

Selain harus mengurus recruitment karyawan, HRD bisa lebih mudah mengelola administrasi karyawan menggunakan aplikasi hris dari Kantor Kita.

Aplikasi perkantoran yang menyediakan banyak fitur yang bermanfaat untuk HRD, terutama absensi online termasuk pengelolaan payroll dan laporan karyawan juga ada plugin pendukung kerja kantor lainya seperti Inventaris dan penomoran surat.

Segera daftar aplikasi absensi karyawan Kantor Kita untuk dapatkan kemudahannya!

Sekian informasi tentang portofolio untuk karyawan hari ini, semoga bermanfaat!

Previous articleBonding Karyawan : Penting dan Idenya
Next articleKiat Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan Perusahaan yang Terbukti Berhasil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here