PPKM Jawa-Bali Februari 2022 : Karyawan WFH Lagi! – Kasus kelonjakan omicron Indonesia terus terjadi lonajakan terutama daerah Jawa. Hal ini membuat pemerintah membuat peraturan terkait pembatasan lagi untuk menghindari penyebaran kasus semakin meningkat.
Hingga akhirnya pada Februari 2022 ini pemerintah resmi mengeluarkan surat edaran untuk melakukan PPKM Jawa-Bali kembali setelah sebelumnya tidak ada pembatasan secara resmi. Hal ini tentunya akan memengaruhi kegiatan bekerja dan belajar untuk masyarakat.
Bagaimana informasi lengkap mengenai PPKM Jawa Bali di bulan Februari 2022 ini?
PPKM Jawa-Bali 2022
Ini adalah Langkah pembatasan kegiatan masyarakat yang ditetapkan pemerintah untuk meminimalkan penyebaran kasus Covid Omicron di Indonesia dan juga bentuk untuk melindungi kelompok masyarakat dalam menjalani keseharian seperti pelajar, pekerja maupun kegiatan masyarakat.
Baca Artikel : Kenapa Aplikasi Absensi Android Lebih Efektif Digunakan Karyawan?
Melalui intruksi yang dijelaskan oleh Menteri Dalam Negeri dalam Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 Tahun 2022 menjelaskan tentang penerapan PPKM Jawa-Bali ini. Dimana isinya pengaturan kegiatan masyarakat dari waktu kegiatan masyarakat sampai dengan kapasitas ruang untuk yang menjalani kerja di kantor dan waktu pelaksanaan pembatasan.
Gambar 1 Intruksi Menteri Dalam Negeri No 9 Tahun 2022
Isi dari intruksi tersebut adalah
- Pemberitahuan pembatasan sesuai dengan level kondisi daerah tersebut.
- Kriteria pembatasan untuk level 3, level 2 dan level 1
- Penerapan pembatasan dilakukan pada tanggal 8 Februari sampai dengan 12 Februari 2022.
Jadi dengan informasi pembatasan Jawa-Bali ini, cukup untuk membuat masyarakat dari berbagai lapisan untuk ikut menjalani pembatasan dibantu oleh pemerintah daerah untuk menjaga kedisiplinan menjaga pembatasan ini untuk menghindari lonjakan kasus omicron di Indonesia.
Bagaimana dengan Aturan Kerja? Â
Selain membahas mengenai penjelasan kegiatan masyarakat, instuksi ini juga membahas mengenai pelaksanaan kerja selama PPKM Jawa-Bali 2022 diterapkan. Pelaksanaan pembatasan di dunia kerja sesuai dengan level daerah dan juga sesuai bidang industri yang dijalankan.
No | Sektor | Peraturan Pembatasan | ||
LV 3 | LV 2 | LV 1 | ||
a. | Keuangan dan perbankan | Kapasitas staff dalam lokasi 50%.
Staff administrasi 25% |
Kapasitas staff dalam lokasi 75%.
Staff administrasi 50% |
Kapasitas staff dalam lokasi 100%.
Staff administrasi 75% |
b. | Pasar modal | Beroperasi dengan maksimal 50% staff. | Beroperasi dengan maksimal 75% staff. | Beroperasi dengan maksimal 100% staff. |
c. | Teknologi informasi dan komunikasi | Beroperasi dengan maksimal 50% staff. | Beroperasi dengan maksimal 75% staff. | Beroperasi dengan maksimal 100% staff. |
d. | Perhotelan non penanganan karantina | Kapasitas maks 25%. | Kapasitas maks 50%. | Kapasitas maks 75%. |
e. | Industri ekspor dan penunjang | Boleh dilaksanakan dengan pengaturan shift.
Setiap shift berisi kapasitas max 75% staff. Untuk administrasi berisi 25% staff.
|
Boleh dilaksanakan dengan pengaturan shift.
Setiap shift berisi kapasitas max 75% staff. Untuk administrasi berisi 50% staff.
|
Boleh dilaksanakan dengan pengaturan shift.
Setiap shift berisi kapasitas max 100% staff. Untuk administrasi berisi 75% staff.
|
f. | Kesehatan | Beroperasi 100% staff | Beroperasi 100% staff | Beroperasi 100% staff |
g. | Keamanan dan ketertiban | Beroperasi 100% staff | Beroperasi 100% staff | Beroperasi 100% staff |
h. | Penanganan bencana | Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 25% staff. |
Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 50% staff. |
Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 75% staff. |
i. | Energi | Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 25% staff. |
Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 50% staff. |
Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 75% staff. |
j. | Logistic dan distribusi | Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 25% staff. |
Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 50% staff. |
Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 75% staff. |
k. | Makanan dan minuman | Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 25% staff.. |
Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 50% staff. |
Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 75% staff. |
l. | Kontruksi | Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 25% staff. |
Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 50% staff. |
Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 75% staff. |
m. | Utilitas dasar (listrik, air, sampah) | Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 25% staff. |
Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 50% staff. |
Beroperasi 100% staff.
Produksi, kontruksi, Pelayanan masyarakat dan administrasi mak 75% staff. |
Table 1 Ketentuan Kpasitas Kerja PPKM Februari 2022
Dengan ketentuan di atas, bisa dipahami bahwa bidang kerja dan kapasitas lingkungan kerja bisa disesuaikan dengan level PPKM yang berlaku di daerahnya. Sudah di jelaskan bagaimana ketentuan untuk level 1, 2 dan 3.
Untuk kedaruratan dari masing-masing level, maka level pertama dianggap yang paling ringan sehingga karyawan masih bisa bekerja 100% sedangkan level 2 dan 3 sudah menggunakan pembatasan kapasitas karyawan karena kondisi sudah cukup darurat dan sangat darurat dilihat dari banyaknya masyarakat yang terjangkit.
WFH untuk Karyawan
Dengan datangnya peraturan PPKM Jawa Bali, banyak perusahaan yang mulai menerapkan WFH untuk karyawannya. Terutama untuk perusahaan yang berada di bidang teknologi informasi, Pendidikan yang non pelayanan dimana mereka bisa melakukan WFH atau hybride office .
Sehingga kegiatan bekerja tetap bisa dilaksanakan dengan baik namun pekerjaan juga akan selesai sesuai target pula.
Baca Artikel : Tips Jalani Wfh Agar Selalu Semangat Dan Menyenangkan
Sejak tanggal 8 Februari ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan kerja remote sesuai kapasitas. Dengan menjalankan WFH ini perusahaan banyak menggunakan teknologi pendukung seperti absen online maupun aplikasi lainya untuk membantu kelancaran WFH.
Bagaimana dengan perusahaan Anda? apakah sudah mulai menerapkan WFH untuk karyawannya?
Lancarkan WFH Karyawan dengan Aplikasi Absensi Online Kantor Kita
PPKM Jawa-Bali 2022 dengan mudah dan lancar menggunakan aplikasi absensi online dari Kantor Kita.
Lancarkan kegiatan WFH atau hybride office dengan bantuan aplikasi absensi online Kantor Kita. Aplikasi kantor yang memiliki fitur lengkap untuk membantu kerja remote karyawan. Jadi monitoring HRD dan kerja karyawan tetap berjalan dengan baik.
Absen online dengan laporan otomatis membuat monitoring dan penilaian karyawan lebih mudah. Pun untuk urusan izin dan cuti juga lebih maksimal dengan sistem online menggunakan Kantor Kita.
Coba Kantor Kita free trial 15 hari untuk mencoba semua fitur Kantor Kita dengan bebas. Segera daftar Trial Kantor Kita dan dapatkan kemudahannya!