Membangun Lingkungan Kerja yang Aman untuk Karyawan 

0
2168
Membangun Lingkungan Kerja yang Aman untuk Karyawan

Membangun Lingkungan Kerja yang Aman untuk KaryawanSiapa yang tidak nyaman bekerja di lingkungan kerja yang aman dan sehat. Lingkungan kerja yang aman adalah tempat yang membuat pekerja jauh dari perasaan terancam maupun tertekan karena banyak hal. Penting bagi pengelola perusahaan membangun ruang kerja yang nyaman dan aman untuk karyawannya. 

Selain akan mempengaruhi produktivitas pastinya juga akan berpengaruh terhadap kepuasan kerja juga loyalitas karyawan di bekerja di tempat tersebut. 

Nah bagaimana sih lingkungan kerja yang aman untuk karyawan? Dan kenapa stakeholder perusahaan perlu memperhatikan hal ini untuk karyawan? 

 

Lingkungan Kerja yang Aman 

Lingkungan Kerja yang Aman
Lingkungan Kerja yang Aman

Lingkungan kerja yang aman adalah lingkungan kerja yang tidak hanya nyaman, namun juga jauh dari hal-hal yang mengancam kesehatan dan keselamatan karyawan baik secara fisik maupun psikis/mental. 

Kenapa lingkungan kerja yang aman penting?” 

Dengan kondisi keamanan lingkungan yang baik untuk karyawan, maka juga akan membantu melindungi karyawan dari bahaya kecelakaan kerja juga membuat produktivitas perusahaan tetap jalan dengan baik. 

Sayangnya, banyak pengelola perusahaan yang merencanakan jalannya bisnis dengan baik namun kurang perhatian dengan kondisi lingkungan karyawan di tempat kerja. Padahal seperti yang kita tahu kondisi lingkungan kerja yang buruk akan mempengaruhi kesehatan karyawan juga kematian dan produktivitas kerja. 

Lingkungan kerja yang baik menjadi tempat ideal karyawan untuk bertumbuh dan berkembang untuk karirnya. Lingkungan kerja yang aman dan kondusif bisa menjadi pertanda bahwa itu adalah perusahaan yang mengalami pertumbuhan dengan baik. 

Lingkungan kerja yang aman bisa dilihat dari beberapa indikator, misalnya 

  1. Kondisi lingkungan kerja (Pencahayaan, Ventilasi, Kebersihan, Kebisingan) 
  2. Fasilitas yang mendukung kesehatan dan keamanan kerja karyawan (Peralatan K3, Baju keamanan dan lainya) 
  3. Kondisi sosial yang jauh dari tekanan psikologis (Bullying, Ancaman, Diskriminasi. Kekerasan fisik, seksual dan psikis)
  4. Jauh dari ancaman biologis (Binatang, Virus dan Penyakit). 

Baca : Pentingnya Perusahaan Menjaga Kesehatan Mental Karyawan

 

Pengaruh Lingkungan Kerja yang Aman untuk Karyawan dan Perusahaan 

Memiliki lingkungan kerja yang aman untuk karyawan baik secara fisik dan mental akan memberikan pengaruh kepada kinerja karyawan. 

1. Mengurangi Stress 

Kondisi lingkungan kerja pastinya akan berpengaruh terhadap kondisi psikis karyawan. Lingkungan kerja dengan hubungan sosial dan kondisi fisik yang baik pastinya akan membawa karyawan nyaman. Masalah-masalah yang timbul karena lingkungan kerja akan sangat berkurang. Dan karyawan bisa sepenuhnya fokus pada pekerjaan. 

Artikel terkait : Menagemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja

2. Mengurangi Resiko Penyakit dan Kematian Akibat Kerja 

Seperti yang kita bahas di atas, resiko penyakit dan kematian akibat lingkungan kerja yang kurang sehat sudah cukup banyak. Dan ini akan mempengaruhi kondisi karyawan juga perusahaan. 

Dengan sistem keamanan perusahaan yang sudah bagus maka karyawan bekerja optimal dan perusahaan tetap produktif juga masalah kerugian bisa diminimalkan. 

3. Menjaga Performa Kerja Karyawan 

Keamanan lingkungan kerja berbanding lurus dengan kenyamanan karyawan. Jika karyawan nyaman maka bekerja lebih fokus dan termotivasi. Dimana hal ini akan membantu menjaga performa kerja karyawan tetap maksimal. 

Jadi keamanan kerja karyawan sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Mengusahakan kenyamanan karyawan dengan membangun lingkungan kerja yang aman membuat karyawan lebih fokus dan loyal kepada perusahaan. 

 

Dampak Keamanan Lingkungan Kerja untuk Karyawan dan Perusahaan 

Menurut ILO (International Labour Organization) menyatakan bahwa ada 250juta kecelakaan kerja dengan 160 pekerja yang sakit karena pengaruh bahaya di tempat kerja juga 1.2 juta pekerja yang meninggal di tempat kerja. 

Dimana perusahaan juga mengalami kerugian setiap tahunnya yang berhubungan dengan kecelakaan kerja dan penyakit karena pekerjaan. Di beberapa negara mencapai 4% dari produk nasional bruto. 

Biaya yang perlu dikeluarkan perusahaan sebagai dampak dari masalah keamanan pekerjaan adalah 

  1. Biaya medis
  2. Biaya kehilangan hari kerja 
  3. Produksi yang berkurang 
  4. Biaya pelatihan 
  5. Biaya pelatihan ulang pekerja 
  6. Kerusakan alat
  7. Perbaikan alat 
  8. Kehilangan kontrak 

Dari data di atas kita bisa mengetahui bahwa perusahaan maupun karyawan perlu memahami pentingnya keamanan kerja dan lingkungan kerja. Perusahaan akan mengalami banyak kerugian waktu maupun materi dari keamanan kerja yang buruk. Sedangkan karyawan akan terkena resiko kesehatan sampai kematian jika keamanan kerja dan lingkungan kerja tidak diterapkan dengan baik. 

 

Potensi Bahaya Di Tempat Kerja 

Ada beberapa potensi bahaya di tempat kerja, mengetahui potensi bahaya seperti ini akan membantu perusahaan dan karyawan lebih aware dan memiliki pencegahan yang baik. 

Potensi Bahaya Di Tempat Kerja 
Potensi Bahaya Di Tempat Kerja | Sumbe : ILO Jakarta 

 

Bagaimana Cara Membangun Lingkungan Kerja yang Aman Untuk Karyawan? 

Ada beberapa Cara Membangun Lingkungan Kerja yang Aman Untuk Karyawan. Namun perlu diketahui bahwa membangun lingkungan kerja tidak hanya membutuhkan waktu sehari dua hari namun bersifat continue atau berkelanjutan. 

1. Memberikan Edukasi Keamanan dan Kesehatan di Lingkungan Kerja 

Karyawan yang memiliki kesadaran kesehatan dan keamanan di lingkungan kerja merupakan output dari edukasi yang terus dilakukan oleh perusahaan untuk karyawan. Dengan memberikan edukasi menggambarkan perusahaan cukup peduli dengan masalah kesehatan dan keselamatan karyawan. 

2. Membangun Sistem Manajemen Keamanan Perusahaan yang Baik 

Dari perusahaan juga perlu memiliki sistem manajemen keamanan dan kesehatan kerja yang baik untuk karyawan dan perusahaan. Manajemen ini akan membantu melindungi dan memantau keamanan di perusahaan berjalan dengan baik. Sistem manajemen perusahaan akan membantu mengelola 

  1. Edukasi dan penyebaran informasi keamanan dan kesehatan kepada karyawan 
  2. Perawatan fasilitas operasional untuk mengurasi resiko masalah kerja 
  3. Alat keamanan 
  4. Sistem kerja yang aman 
  5. Program kesehatan karyawan 
  6. Pengelolaan kebersihan dan keamanan selama bekerja 

Banyak perusahaan yang membangun keamanan di tempat kerja dengan memiliki sistemnya yang baik terlebih dahulu. 

3. Melakukan Audit, Pelaporan dan Evaluasi Tentang Keamanan Kerja 

Langkah selanjutnya yang bisa dipilih untuk membangun lingkungan kerja yang aman untuk karyawan dan perusahaan adalah dengan terus melakukan evaluasi dan perbaikan sistem. Memperbaiki apa yang salah dan terus meningkatkan sistem yang baik. 

Baca : Safety Officer

 

Jadi Apakah Lingkungan Kerja Anda Sudah Cukup Aman? 

Lingkungan kerja karyawan yang aman akan membantu karyawan mendapatkan rasa nyaman dan bekerja. Karyawan akan lebih fokus pada pekerjaannya pun resiko kecelakaan maupun resiko penyakit akibat bekerja juga sangat minim. Pun untuk perusahaan sendiri, performa karyawan tetap berjalan dengan baik. 

Aplikasi HR
Aplikasi HR by Kantor Kita

Itulah penjelasan hari ini tentang Membangun Lingkungan Kerja yang Aman untuk Karyawan, untuk masalah pengelolaan karyawan bisa konsultasi kepada Kantor Kita. dimana kami menyediakan aplikasi HR berupa aplikasi absensi yang cukup membantu karyawan maupun HR dalam mencatat absensi dan payroll karyawan. 

Aplikasi absensi karyawan online ini bisa Anda gunakan secara free selama 15 hari dalam fitur demo. Sedangkan untuk konsultasi bisa mengagendakan privat zoom meeting dengan tim kami! 

Sekian informasi hari ini, semoga bermanfaat!

Previous articleJenis Olahraga Yang Patut Anda Lakukan Sebelum Bekerja
Next articlePublic Relation : Pengertian Dan Tugasnya Di Dunia Kerja 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here