Manajemen Waktu Kerja Karyawan

0
1802
Manajemen Waktu Kerja Karyawan
Manajemen Waktu Kerja Karyawan

Manajemen Waktu Kerja KaryawanAgar tugas dan pekerjaan terpenuhi, manajemen waktu sangat dibutuhkan bagi para pekerja agar waktu yang digunakan dapat dimanfaatkan dengan baik. Waktu adalah rangkaian proses keadaan yang berlangsung. Lalu apa itu manajemen waktu? Manajemen waktu adalah strategi yang direncanakan untuk memanfaatkan waktu yang akan dilakukan dalam kegiatan agar prosesnya efektif dan maksimal.

Sebagai karyawan maupun pimpinan perusahaan pasti memiliki rencana dan tujuan, tentu saja harus bisa memanajemen waktu dengan baik untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Mari kita bahas manajemen waktu kerja karyawan yang baik di ulasan hari ini.

 

Tips Manajemen Waktu

Bagaimana sih agar waktu dapat bermanfaat dengan baik? Pekerjaan juga bisa efisien dan lancar tanpa banyak ditunda. Simak tips dibawah ini :

1. Buat Prioritas

Catat tugas dan proyek harianmu, lalu buat prioritas pekerjaan yang penting-mendesak terlebih dahulu. Buat penjadwalan untuk mengerjakan tugas dan proyek. Checklist pekerjaan yang sudah Anda selesaikan agar Anda terfokus ke tugas dan proyek yang belum selesai. Anda bisa membagi tugas menjadi beberapa bagian

  1. Tugas mendesak-penting
  2. Tugas tidak mendesak-penting
  3. Tugas mendesak-tidak penting
  4. Tugas tidak mendesak-tidak penting

2. Penilaian

Luangkan waktu untuk evaluasi waktu yang sudah digunakan untuk mengerjakan kegiatan dan pekerjaan sehari hari. Tentukan target yang ingin dicapai kedepan, tandai aktivitas dan hal yang mengganggu Anda untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Membagi Waktu

Jadwalkan waktu untuk membalas pesan, email dan panggilan telepon. Tidak membuka media sosial saat masih jam kerja dan kurangi mengobrol dengan rekan kerja agar tugas cepat terselesaikan sesuai dengan jadwal yang sudah Anda tetapkan. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa mematikan push notifikasi, aktifkan mode pesawat dan lakukan saat di jam istirahat saja.

4. Istirahat

Istirahat adalah hal penting karena juga akan mempengaruhi kesehatan dan akan  berdampak ke pekerjaan anda. Buat jadwal istirahat untuk menenangkan dan menjernihkan pikiran agar tidak lelah karena pekerjaan. Rencanakan olahraga, makan makanan sehat dan teratur agar tubuhmu tetap bugar dan fokus saat bekerja, karena jika kurang olahraga dan makan tidak teratur akan menyebabkan lesu dan kurang fokus.

Baca juga artikel tentang Manajemen Payroll Untuk Bisnis Kecil Menengah

 

Manfaat Manajemen Waktu

Jika Anda menerapkan manajemen waktu yang baik dan sesuai, Anda akan merasakan dampak positif dari manajemen waktu. Simak poin berikut untuk manfaat dan dampak positif dari manajemen waktu :

1. Mempercepat Pekerjaan

Dengan manajemen waktu yang baik, tugas dan pekerjaan yang Anda punya akan cepat selesai karena sudah memiliki target waktu dan jadwal yang sudah ditetapkan untuk penyelesaian. Waktu bisa digunakan secara bermanfaat sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia terutama dalam hal pekerjaan. Produktivitas kerja juga akan meningkat.

2. Disiplin

Jadwal yang sudah Anda buat dapat menjadi patokan Anda untuk tidak menunda nunda pekerjaan lagi, hal tersebut dapat melatih Anda untuk disiplin.

Dimanapun kita berapa disiplin waktu adalah hal yang penting, terutama dalam dunia kerja. Dengan memanajemen waktu yang baik kita akan terbiasa bekerja secara terstruktur dan tepat waktu. Dengan begitu pekerjaan juga akan lebih selesai dengan cepat pun kebiasaan menumpuk tugas juga akan hilang dengan sendirinya.

3. Mengurangi Stress

Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dapat mengurangi stress kerja karyawan dan kecemasan. Ketika pekerjaan Anda selesai dalam waktu yang sudah Anda tentukan, Anda akan memiliki banyak waktu untuk kerabat anda, hal ini dapat mengurangi beban Anda memikirkan pekerjaan yang belum selesai diluar jam kerja dan menikmati waktu kebersamaan dengan keluarga dan orang terdekat.

4. Tanggung Jawab

Manajemen waktu dapat melatih diri Anda untuk bertanggung jawab pada pekerjaan dan diri sendiri, karena mengerjakan proyek dengan sungguh sungguh dan tepat waktu. Berlatih manajemen waktu dan mengerjakan apapun dengan terstruktur akan menjadi kebiasaan juga memupuk rasa tanggung jawab akan pekerjaan Anda.

Bekerja secara teledor dan kurang maksimal karena manajemen waktu yang buruk juga akan mempengaruhi semua hal di pekerjaan Anda.

5. Percaya Diri

Jika Anda menyelesaikan tugas dan pekerjaan Anda tepat waktu, akan menjadikan Anda paling terdepan di antara rekan kerja atau anggota tim lainnya. Hal ini akan menumbuhkan rasa percaya diri Anda karena akan merasa sangat dihargai.

Baca : Aplikasi yang Memudahkan Pekerjaan [Anti Mainstream]

 

Dampak Manajemen Waktu yang Buruk

Selain dampak positif, jika Anda menerapkan manajemen waktu yang buruk dan tidak efektif akan ada dampak buruknya :

1. Kelelahan

Jika tidak dapat memanajemen waktu dengan baik Anda akan kurang tidur dan istirahat, ini dapat menyebabkan jadwal tidur Anda menjadi berantakan, mempengaruhi pekerjaan karena kurang fokus, tidak berenergi, lelah dan mengantuk.

2. Tergesa Gesa

Karena pekerjaan tidak dimanajemen dengan baik maka Anda akan terburu buru menyelesaikan pekerjaan dengan tidak runtut. Cobalah membuat jadwal atau agenda untuk pengerjaan proyek atau tugas agar dapat selesai tepat pada waktu yang sudah Anda tentukan.

3. Tidak Rapi

Karena tidak membuat skala prioritas untuk pekerjaan maka Anda akan mengerjakan dengan tergesa-gesa, tidak urut, dan hasilnya tidak tertata dengan rapi.

4. Menjadi Malas

Mengelola waktu yang buruk akan membuat Anda menunda nunda pekerjaan. Karena menunda pekerjaan tersebut dapat menyebabkan Anda menjadi malas dan tidak bertanggung jawab untuk menyelesaikan tepat waktu.

5. Tugas Menumpuk

Tidak mengelola waktu dengan baik dan baru akan mengerjakan ketika tenggat waktu sudah dekat akan membuat tugas Anda menumpuk dan tidak dapat dikerjakan secara efektif.

 

Software Manajemen Waktu untuk Karyawan

Manajemen waktu adalah hal yang sangat penting, dengan manajemen waktu segala hal dapat terselesaikan dengan baik dan juga teratur. Di saat ini zaman sudah semakin maju dan canggih, jadi Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk memanajemen waktu Anda dengan baik. Ada banyak aplikasi perkantoran yang bisa Anda gunakan untuk manajemen waktu agar efektif, Anda bisa coba beberapa aplikasi di bawah ini :

1. Google Calendar

Google calendar dapat Anda manfaatkan untuk penjadwalan, Anda bisa membuat jadwal meeting, melihat dan mengatur aktivitas harian secara detail. Google calendar cukup memiliki tampilan yang menarik dan simpel digunakan sehingga memberikan kemudahan untuk penggunannya.

Google Calendar
Sumber : Google Calendar

2. Microsoft To Do

Anda dapat menggunakan Microsoft To Do untuk memanajemen tugas yang dapat Anda akses melalui smartphone.

Microsoft To Do
Sumber : Microsoft To Do

3. Google Task

Kelola tugas dan pekerjaan Anda melalui Google Task yang sudah tersinkronisasi dengan perangkat Anda.

Google Task

Sumber : Google Task

Dengan bantuan layanan aplikasi di atas, Anda dapat memanfaatkan teknologi dengan baik untuk manajemen waktu. Aplikasi ini digunakan untuk pengguna android maupun IOS. Dari ponsel Anda bisa mengatur jadwal Anda dengan baik.

Baca : Manfaat Penggunaan Aplikasi Pendukung Manajemen Perusahaan

 

Kesimpulan

Manajemen waktu kerja sangat diperlukan untuk semua pekerja baik usahawan maupun karyawan. Manajemen waktu memberikan pengaruh kepada kesuksesan karir karyawan maupun kesuksesan pekerja. Dengan manajemen waktu yang baik akan mempengaruhi banyak hal dari disiplin waktu sampai dengan tanggung jawab kerja. Pun sekarang manajemen kerja lebih mudah menggunakan aplikasi todo yang banyak dihadirkan untuk kita.

Untuk kemudahan kerja bagi karyawan dan HR akan lebih mudah mengelola pencatatan absensi karyawan menggunakan aplikasi HRIS Kantor Kita. Software hris indonesia ini memiliki fitur mulai dari  Aplikasi absensi karyawan  sampai dengan laporan dan payroll yang lengkap dan mudah digunakan.

Aplikasi Absensi Online Kantor Kita
Gambar  1 Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

Jika ingin menggunakan Kantor Kita dengan full fitur secara bebas bisa banget menggunakan fitur demo dari Kantor Kita. Free selama 15 hari, juga Anda melakukan meeting zoom privat dengan tim marketing Kantor Kita.

Dapatkan kemudahan ini dengan langsung coba layanan di Daftar Kantor Kita segera!

Previous articlePengelolaan Administrasi Perkantoran
Next articlePeran Manusia Dalam Perkembangan Teknologi Industri 4.0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here