Kumpulan Tips Dunia Kerja yang Bermanfaat untuk Anda

0
2017
Kumpulan Tips Dunia Kerja yang Bermanfaat untuk Anda
Kumpulan Tips Dunia Kerja yang Bermanfaat untuk Anda

Kumpulan Tips Dunia Kerja yang Bermanfaat untuk AndaUntuk meningkatkan semangat dan mendukung produktifitas dalam pekerjaannya, biasanya karyawan memerlukan beberapa hal seperti tips dalam dunia kerja. Terutama bagi karyawan baru yang baru bergabung ke perusahaan atau fresh graduate, memerlukan tips untuk dapat menyesuaikan diri dengan kondisi, lingkungan dan pekerjaannya. Berikut adalah beberapa tips yang bermanfaat untuk karyawan dalam dunia kerja.

 

Kumpulan Tips Dunia Kerja

berikut adalah beberapa kumpulan tips yang semoga bisa membantu Anda dalam menjalani pekerjaan, baik untuk fresh graduate maupun untuk karyawan tetap yang membutuhkan cara untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Kumpulan Tips Dunia Kerja
Kumpulan Tips Dunia Kerja

Tips Mendapatkan Pekerjaan Baru

Mencari pekerjaan baru memang bukan hal yang mudah, terutama bagi fresh graduate yang memang belum memiliki pengalaman dalam dunia kerja. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan oleh fresh graduate dan para pekerja yang memang ingin mencari pekerjaan baru:

1. Buat CV yang Menarik

Untuk membuat CV perhatikan data pribadi Anda sudah lengkap seperti: nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor aktif, email, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, prestasi dan lainnya. Selain memperhatikan isinya Anda juga perlu memperhatikan design CV yang Anda buat agar terlihat menarik dengan menyesuaikan warna, font dan template yang digunakan.

Baca Artikel Tentang Seberapa Penting Sih Portofolio Untuk Pekerja?

2. Buat Surat Lamaran

Ketika membuat surat lamaran kerja pastikan alamat ditulis dengan benar, tidak ada salah ketik  agar terlihat rapi dan profesional. Isi surat lamaran adalah data diri, tujuan melamar, lampiran berkas dan penutup. Selain itu Anda juga dapat mendeskripsikan keahlian atau skill Anda.

Perhatikan setiap kalimat yang Anda gunakan, gunakan kalimat yang formal dan bahasa yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan lupa pula sertakan lampiran dan pendukung lainya yang berguna untuk lamaran kerja Anda.

3. Tunjukkan Kepercayaan Diri

Jika Anda sudah mencapai tahap interview, pastikan Anda menjawab dan merespon pertanyaan yang disampaikan dengan percaya diri tanpa terlihat seperti memikirkan apa yang perlu Anda jawab. Memperlihatkan sikap percaya diri dan optimis akan membuat Anda terlihat positif dimata perusahaan yang Anda lamar.

Jangan lupa pula pada saat interview perhatikan juga siapa sih interviewer Anda, apakah langsung dengan user atau juga hanya dengan HR. Mengetahui hal ini akan sangat membantu Anda dalam menjalani interview. Perbedaan interview HR dan user bisa dipahami di ulasan perbedaan interview HR dan user ini.

Saat interview dengan HR maupun user, jangan lupakan membawa portofolio kerja agar mendukung Anda dalam kelancaran proses interview.

Kami juga sudah membahas tips melakukan wawancara kerja di ulasan berikut ini.

aplikasi perkantoran

 

Tips Pertama Kali Masuk Kerja Untuk Fresh Graduate

Untuk fresh graduate yang baru pertama kali masuk ke dunia kerja, pasti hari pertama masuk kerja adalah hari terpenting untuk anda, maka dari itu perlu kesan baik ketika baru masuk kerja, berikut tips yang bisa dilakukan:

1. Siapkan Peralatan

Bawa alat yang diperlukan untuk memulai hari kerja. Yang perlu dibawa seperti laptop, buku catatan dan alat tulis. Buku dan alat tulis perlu Anda bawa apabila ada penjelasan yang penting dari atasan atau rekan kerja yang perlu Anda catat seperti ketentuan dan peraturan di kantor.

2. Gunakan Pakaian Formal yang Rapi dan Sopan

Apabila Anda menjaga penampilan, Anda akan mendapatkan nilai kesan pertama yang baik oleh rekan kerja anda. Anda bisa menyesuaikan pakaian dengan ruang lingkup kerja Anda, bisa menggunakan setelan jas atau blazer bisa juga menggunakan outer dan lainya sesuai dengan lingkungan kerja yang ada.

3. Datang Tepat Waktu atau Sebelum Waktu yang Ditetapkan

Selain menghindari kemungkinan dalam perjalanan yang membuat Anda terlambat, sampai sebelum waktunya akan membuat Anda terlihat lebih profesional dan bertanggung jawab akan pekerjaan Anda.

4. Menjaga Attitude atau Perilaku

Dalam dunia kerja Anda perlu bersikap profesional dengan tidak membawa kebiasaan buruk, contohnya berbicara kotor ketika sedang kesal, mengeluarkan sumpah serapah ketika sedang marah, berbicara dengan volume tinggi dan keras, atau selalu berkomentar akan hal yang dilakukan orang lain. Jika Anda seperti itu di tempat kerja, Anda akan dinilai tidak profesional dan ber attitude buruk.

5. Aktif Bertanya

Pastikan Anda aktif bertanya terkait pekerjaan atau tentang tempat kerja Anda apabila memang belum paham, dengan begitu Anda akan dinilai tertarik dengan tempat Anda bekerja, memiliki semangat untuk belajar dan meningkatkan skill. Namun ketika bertanya jangan mengulangi pertanyaan yang sama secara berulang, karena hal itu akan membuat Anda terlihat sulit untuk belajar dan memahami.

Baca : Tips Menggunakan Linkedin Untuk Freshgraduate

 

Tips Menyesuaikan Diri di Tempat Kerja Baru

Bagi karyawan baru, pasti memerlukan waktu untuk adaptasi dengan rekan kerja, pekerjaan dan lingkungan kerja baru, berikut cara beradaptasi di tempat kerja yang baru:

1. Bersikap Ramah dan Sopan

Biasakan ketika berpapasan di tempat kerja untuk menyapa rekan kerja anda. Dan pastikan ketika bertanya dan meminta tolong dalam urusan pekerjaan membiasakan diri dengan mengucap kata maaf, tolong dan terimakasih.

2. Cermati dan Perhatikan Budaya Kerja di Tempat Baru Anda

Anda bisa memperhatikan bagaimana rekan kerja Anda melakukan sesuatu dan mengerjakan pekerjaannya. Kemampuan beradaptasi yang baik akan memudahkan karyawan dalam menjalani pekerjaannya.

3. Dekati Hal yang Positif

Dalam hubungan pertemanan di lingkungan kerja, Anda harus bisa memilih untuk berteman dengan siapa, bertemanlah dengan rekan kerja yang rajin dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya, memiliki skill atau kemampuan yang baik dalam dunia bisnis serta digital marketing. Dan Anda bisa mengesampingkan rekan kerja yang suka gosip, tidak bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dan selalu bermain sosial media saat jam kerja, dengan begitu Anda dapat berkembang.

4. Buat Diri Anda Nyaman

Saat mulai bekerja di tempat baru, mungkin ada beberapa hal yang membuat Anda tidak nyaman dan tidak sesuai dengan harapan anda. Namun hindari untuk mengajukan komplain karena akan membuat diri Anda tampak tidak profesional.

 

Tips Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja

Tips Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja
Tips Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja

Seringkali karyawan merasa jenuh atau bosan dengan pekerjaannya karena merasa terlalu monoton. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk Anda mengatasi kejenuhan:

  1. Mendengarkan lagu favorit sambil bekerja.
  2. Ubah cara kerja menjadi lebih produktif dengan membuat prioritas pekerjaan.
  3. Istirahat sejenak dari pekerjaanmu selama lima menit saat merasa bosan.
  4. Ubah suasana tempat atau meja kerjamu dengan menata dan menambah dekorasi.
  5. Mengobrol dengan rekan kerja sesekali perlu dilakukan untuk mengatasi kejenuhan.

 

Tips Meningkatkan Produktivitas

Tingkatkan produktivitas di dunia kerja dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, namun tetap bisa berfokus pada pekerjaan.

  1. Hindari hal yang membuat fokus terdistraksi seperti bermain sosial media
  2. Membuat daftar tugas dan jadwal pengerjaan
  3. Mengonsumsi kopi, kopi dapat bermanfaat untuk meningkatkan fokus
  4. Buat tempat kerja Anda menjadi nyaman dengan memperhatikan posisi duduk, kursi yang Anda gunakan dan tempat yang tidak berantakan.

selain itu kami juga sudah membahas mengenai tips meningkatkan produktivitas di dunia kerja yang bisa Anda baca di ulasan meningkatkan produktivitas di dunia kerja.

 

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang kumpulan tips dunia kerja untuk Anda. Semoga kumpulan tips tersebut bisa memberikan kemudahan dan bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan. Termasuk fresh graduate maupun untuk karyawan yang membutuhkan cara untuk meningkatkan produktivitas.

customer service kantor kita
customer service kantor kita

Nah untuk HRD, tips mudah untuk mengelola karyawan bisa menggunakan software hris indonesia  karyawan online Kantor Kita. Aplikasi absensi karyawan online sampai dengan payroll yang bekerja secara otomatis untuk membantu HR dalam urusan pengelolaan gaji sampai dengan absensi dan rekap absensinya. Pilih aplikasi hr terbaik untuk bisnis Anda!

Nikmati kemudahannya dengan daftar Kantor Kita! agendakan juga privat zoom meeting dengan tim kami segera.

Previous articleMenjadi Karyawan yang Berkualitas Untuk Perusahaan
Next articleTips Kerja Hari Pertama Untuk Karyawan Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here