Jenuh Kerja Mulai Melanda? Perbaiki dengan Tips Berikut – Rutinitas bekerja setiap hari membuat Anda jenuh? Tenang saja ini bukan hanya masalah Anda sendiri sebab banyak karyawan di luar sana yang merasakan hal yang sama. Jenuh kerja memang sangat umum terjadi yang disebabkan karena berbagai hal.
Namun jenuh kerja yang dibiarkan terus menerus juga tidak baik untuk kelangsungan karir karena akan mengganggu performa kerja. Selain mencari hiburan untuk menghilangkan kejenuhan, Anda juga perlu mengetahui apa penyebab jenuh kerja itu sendiri sehingga bisa diatasi dengan baik.
Hari ini Kantor Kita akan membahas mengenai tips memperbaiki jenuh bekerja sehingga Anda tidak berlarut-larut dalam masalah ini. Apa saja tipsnya? Simak baik-baik ulasan berikut.
Kejenuhan Dalam Bekerja
Jenuh dalam bekerja merupakan perasaan bosan dan lelah dengan kegiatan rutinitas dalam dunia kerja. Sayangnya kejenuhan dalam bekerja ini bisa membuat karyawan berkurang produktifitasnya sehingga hasil kerjanya kurang maksimal. Ketika jenuh bekerja datang, umumnya karyawan akan merasa kurangnya keinginan dan motivasi kerja sehingga melakukan pekerjaanya tidak optimal.
Penyebab Jenuh Dalam Bekerja
Timbulnya jenuh kerja bisa disebabkan oleh banyak hal, dari diri sendiri maupun dari lingkungan kerja. Beberapa contoh penyebab jenuh kerja adalah sebagai berikut
1. Jobdesk yang Monoton
Ini adalah salah satu penyebab seorang karyawan mengalami jenuh kerja. Di dunia kerja, jenis pekerjaan memang sangat beragam, mulai dari pekerjaan yang membutuhkan mobilitas dan tantangan yang tinggi atau hanya bekerja pada waktu, tempat dan hal yang sama.
Baca Artikel : Tips Mengatasi Stress Kerja untuk Karyawan
Menyelesaikan pekerjaan dengan objek kerja yang sama setiap harinya sangat lumrah membuat karyawan merasa bosan atau jenuh. Akibat dari kebosanan kerja model ini adalah hasil kerja kurang optimal bahkan memengaruhi motivasi kerja.
2. Kurangnya Motivasi Kerja
Terkadang hal yang menggerakkan karyawan untuk tetap bisa bekerja dengan baik adalah adanya motivasi kerja yang tinggi. Namun ada banyak kasus dimana motivasi kerja karyawan merosot turun.
Karyawan yang memiliki motivasi kerja yang baik tentunya memiliki rasa ingin berprestasi di tempat kerja, proses kerja yang lebih optimal sampai dengan sikap di lingkungan kerja lebih positif. Jika rasa semangat kerja saja tidak ada maka tidak heran jika karyawan mudah merasakan bosan dan jenuh selama bekerja.
3. Tekanan Kerja
Tekanan kerja yang tinggi juga bisa menjadi penyebab seorang karyawan mengalami jenuh kerja. Hal ini karena setiap harinya karyawan bekerja dengan Ā tugas-tugas yang berat sehingga menumpuk menjadi hal yang menjenuhkan.
Jenuh karena tekanan kerja ini umumnya juga didukung dengan tekanan waktu kerja sehingga dua kombinasi menyebabkan karyawan merasa stress dan jenuh mengerjakan jobdesknya.
4. Lingkungan Kerja yang Buruk
Seorang karyawan yang memiliki performa baik, juga akan mengalami kejenuhan kerja jika berada dalam lingkungan yang kurang tepat. Ketidaksesuaian lingkungan kerja ini menyebabkan karyawan merasa berada di tempat yang salah sehingga kerja kurang optimal.
5. Jobdesk yang Tidak Sesuai dengan Kemampuan
Ketika Anda mengerjakan sesuatu sesuai dengan passion dan kemampuan, pastinya akan menemukan rasa senang atau nyambung dengan pekerjaan tersebut. Sebaliknya, jika jobdesk adalah bidang yang tidak Anda sukai dan tidak sesuai dengan kemampuan akan menyebabkan kerja lebih berat sehingga menyebabkan kejenuhan.
Itulah beberapa masalah umum yang menyebabkan kejenuhan di tempat kerja. Akibat yang ditimbulkan dari jenuh kerja mulai dari absensi pegawaiĀ yang bermasalah, hasil kerja kurang optimal sampai tidak bisa mengikuti ritme kerja di kantor dengan baik. Memang satu karyawan dengan yang lain memiliki penyebab kejenuhan yang berbeda sehingga penangannya pun juga berbeda. Bagaimana dengan Anda, apa yang membuat Anda merasa jenuh untuk bekerja?
Bagaimana Mengatasi Rasa Jenuh Bekerja?
Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa jenuh bekerja. Barangkali cara berikut ini bisa membantu Anda keluar dari kejenuhan. Berikut cara mengatasi rasa jenuh kerja:
1. Berinteraksi dengan Rekan Kerja
Salah satu cara yang paling mudah untuk menghindari rasa jenuh bekerja adalah berinteraksi dengan rekan kerja. Hal ini akan mengalihkan dari pekerjaan yang berat atau rasa bosan. Berinteraksi dengan rekan bisa menjadi penyegar, jangan lupa bercanda dan tertawa untuk me-refresh diri dari pekerjaan.
2. Menghibur Diri dengan Musik atau Hal yang Menyenangkan
Salah satu cara menghibur diri untuk menjalani pekerjaan agar terhindar dari kejenuhan adalah dengan memberikan hal yang menyenangkan untuk diri sendiri. Misalnya dengan membeli makan siang yang nikmat atau memberi snack dan es kopi yang yummy. Anda juga bisa dengarkan lagu kesayangan sehingga pekerjaan lebih terasa menyenangkan.
3. Ambil Cuti
Jika badan dan pikiran sudah merasa exhausted dengan pekerjaan sehari-hari maka Anda perlu mempertimbangkan pengambilan cuti untuk sekedar istirahat di rumah atau berjalan-jalan. Hal ini akan membantu Anda keluar dari rasa jenuh sehingga bisa kembali bekerja dengan kondisi yang lebih baik.
Baca Artikel : Tips Mempekerjakan Generasi Millenial dalam Tempat Kerja
4. Tetapkan Tujuan
Ketika Anda berjalan dengan tujuan, akan memudahkan Anda untuk menjalaninya dengan semaksimal mungkin dan bisa jadi alasan untuk semangat dan bertahan. Tetapkan tujuan Anda untuk memotivasi agar terus optimal dalam bekerja.
Apalagi sekarang proses pengambilan cuti bosa dengan mudah dilakukan. Fitur absensi android sekarang sudah dilengkapi dengan perizinan dan cuti online, jadi tidak perlu lagi menghadap HRD untuk izin cuti.
Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menghilangkan kejenuhan pada pekerjaan. Selain motivasi diri, hal-hal yang menyenangkan bisa sangat membantu karyawan beralih dari rasa jenuh bekerja. Jangan sampai kejenuhan kerja memengaruhi produktifitasmu ya!
Motivasi Untuk Mengatasi Jenuh Kerja
Salah satu motivasi terkait kerja kerasa berasal dari Mahatma Gandhi yang berbunyi The Future is depends on what you do today. Jadi jika Anda ingin melihat kehidupan yang lebih baik dari saat ini maka lakukan yang terbaik hari ini.
Yuk mulai lebih semangat demi diri sendiri di masa depan.
Minimalkan malas bekerja dan menggantinya dengan motivasi diri yang membangun. Maksimalkan kerja karyawan dengan aplikasi absensi karyawan Kantor Kita. Membantu pengelolaan absen dengan mudah dan modern, proses absen jadi lebih mudah dan akurat. Konsultasi masalah aplikasi HRIS DAN Coba masa trial gratis full fitur selama 15 hari dari Kantor Kita dengan menghubungi kontak kantor kitaĀ sekarang juga!
Ā