Ide Kegiatan Ramadhan di Perusahaan

0
1975
Ide Kegiatan Ramadhan di Perusahaan
Ide Kegiatan Ramadhan di Perusahaan

Ide Kegiatan Ramadhan di PerusahaanDi moment spesial khusus Ramadhan ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk kegiatan bersama karyawan. Bisa dikatakan juga kegiatan yang mendukung kemajuan perusahaan. Sebab Ramadhan masih menjadi bulan istimewa dan banyak dinikmati dengan mengadakan event khusus Ramadhan.

Bahkan beberapa perusahaan mendapatkan keuntungan yang tinggi terutama di bidang kuliner dengan mengadakan event di bulan Ramadhan ini.

Nah Anda bisa memanfaatkan momen Ramadhan untuk meningkatkan keperluan marketing sampai dengan kegiatan internal untuk bonding karyawan dan lain sebagainya.

Apa saja sih kegiatan yang pas dilakukan di bulan Ramadhan untuk perusahaan?

Ide Kegiatan Ramadhan Untuk Perusahaan

Ada beberapa ide yang patut di jalankan untuk kegiatan Ramadhan di perusahaan. Pemilihan kegiatan di bulan Ramadhan ini ini bukan tanpa sebab, karena ini menjadi moment spesial untuk banyak pihak, sehingga dengan membuat kegiatan Ramadhan juga akan meningkatkan euphoria bulan Ramadhan.

Berikut adalah beberapa contoh ide kegiatan selama bulan Ramadhan untuk perusahaan, diantaranya

1. Membuat Campaign Event Ramadhan

Salah satu hal yang banyak dilakukan pengusaha untuk memanfaatkan moment Ramadhan adalah dengan membuat campaign. Hal ini dilakukan dengan meluncurkan produk baru atau hanay membuat event dengan tema Ramadhan.

Kita semua tahu bahwa moment Ramadhan ini paling banyak ditunggu oleh banyak orang. Untuk produk kuliner sampai dengan produk fashion menjadi satu bidang utama yang disukai. Namun bukan berarti produk lainya tidak dilirik ya.

Campaign bisa dilakukan dengan membuat

  1. Webinar
  2. Live event
  3. Flashsale produk yang dimiliki
  4. Promo event
  5. Bazaar

Nah kamu bisa menggunakan ide ini berkegiatan di bulan Ramadhan untuk perusahaan. Moment satu tahun yang ditunggu banyak orang.

2. Employee Bonding

Jika kegiatan eksternal untuk meningkatkan keuntungan perusahaan sudah dilakukan, maka selanjutnya Anda bisa melakukan kegiatan internal di bulan Ramadhan ini, yaitu employee bonding.

Salah satunya adalah dengan melakukan buka bersama untuk semua karyawan dilakukan di tempat tertentu. Hal ini cukup membuat banyak karyawan melupakan kerumitan kerja dan juga menjadi acara memperkuat hubungan karyawan.

Employee Bonding
Employee Bonding

Pastinya cukup seru bukan, menikmati moment Ramadhan bersama teman kerja. Apalagi moment seperti ini hanya berlaku 1 tahun sekali.

Itulah beberapa ide kegiatan di bulan Ramadhan untuk perusahaan. Baik untuk kegiatan bonding sampai dengan kegiatan marketing produk itu sendiri.

Selain itu di perusahaan biasanya ada 2 agenda spesial untuk karyawan atau internal perusahaan, hal ini adalah kegiatan bagi-bagi THR sampai dengan parcel lebaran.

Dua agenda ini membuat bulan Ramadhan menjadi bulan yang spesial untuk karyawan terutama karyawan muslim.

 Memaksimalkan Kerja Di Bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan, karyawan perlu bekerja dan berpuasa seharian, bagaimana sih cara memaksimalkan kerja di bulan Ramadhan? Dan apa juga hal yang perlu di Kelola perusahaan untuk karyawan selama bulan Ramadhan? Berikut tips Ramadhan untuk bekerja.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kerja di bulan Ramadhan. Hal ini perlu diketahui sebab kita sendiri tahu bahwa kerja di bulan puasa ini bukan hal yang mudah dilakukan. Selain karena energi yang terbatas juga karena waktu.

 1. Memaksimalkan Waktu Istirahat Untuk Tidur

Di masa puasa ini jangan sampai menghilangkan waktu istirahat untuk hal-hal yang tidak berguna. Anda perlu mengatur waktu istirahat sehingga pada waktu kerja bisa berjalan dengan baik.

Kurangi kegiatan yang kurang penting seperti main game, nongkrong dan hal yang menguras waktu lainya. Penjadwalan waktu kerja ini sangat penting mengingat waktu puasa yang berbeda dengan hari normal.

2. Atur Jadwal Kerja

Kita tahu bahwa jadwal kerja di masa Ramadhan ini berbeda dengan jadwal kerja biasanya. Hal ini yang membuat kita perlu untuk mengatur jadwal kerja yang pas. Untuk mengatur jadwal kerja ini utamakan pekerjaan yang di prioritaskan untuk dikerjakan terlebih dahulu untuk kemudian pekerjaan tambahan baru dikerjakan menyusul. Walau puasa namun kerja bisa tetap lancar dan berjalan baik.

3. Maksimalkan Kerja Disaat Ada Energi

Tantangan bekerja di saat ada puasa adalah terbatasnya energi, hal ini membuat kita sebagai karyawan perlu mengatur strategi untuk bisa bekerja dengan baik. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah kita bisa mengatur waktu terbaik, misalnya mengerjakan hal yang sulit disaat energi penuh dan sebaliknya.

Hal ini akan jauh lebih mudah dalam pengelolaan pekerjaan, disaat energi sudah terserap habis seperti siang dan sore hari, kita bisa mengerjakan pekerjaan yang lebih ringan.

Baca Artikel : 6 Tips Agar Kuat Puasa Saat Kerja, Ibadah Jalan Kerja Tetap Lancar!

Untuk karyawan, memaksimalkan kerja di bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan cara di atas, sehingga pekerjaan bisa tetap berjalan dengan baik.

Nah sedangkan untuk pemberi kerja sendiri, gimana sih cara untuk memaksimalkan kerja untuk karyawan walau puasa Ramadhan?

1. Menetapkan Jam Kerja

HRD perlu meninjau ulang jam kerja karyawan di bulan Ramadhan dengan waktu kerja biasanya. Sebab untuk mendapatkan hasil kerja yang efektif di bulan Ramadhan, karyawan tidak bisa dipaksakan apalagi di masa Ramadhan.

Untuk itu ada re-schedule waktu kerja yang umumnya dimulai dari jam 8 sampai jam 4 sore atau aturan dari masing-masing perusahaan.

2. Meninjau Ulang Target Kerja

Target kerja yang tidak masuk akal juga akan membuat karyawan kebingungan menepatinya. Perusahaan perlu meninjau ulang target kerja, bisa disesuaikan dengan kemampuan karyawan di saat puasa. Apalagi untuk kerja yang banyak menggunakan fisik, proses kerja bisa lebih berat maka perlu ditinjau lagi target kerja yang sesuai dengan kemampuan karyawan.

Itulah beberapa kegiatan kerja yang dimaksimalkan untuk karyawan selama bulan Ramadhan. Mari jadikan moment Ramadhan ini menjadi moment untuk beribadah sebaik mungkin dan bekerja dengan maksimal.

Mudahkan Kelola THR + Gaji Karyawan dengan Payroll Kantor Kita

Mudahkan pengelolaan THR dan gaji karyawan maupun penambahan komponen yang lainya dengan payroll dari Jagoweb. Payroll yang memudahkan pengelolaan penggajian karyawan menggunakan sistem sehingga Anda bisa dengan mudah mengatur gaji karyawan dengan mudah.

Payroll Dari Kantor Kita
Table 1 Payroll Dari Kantor Kita

Untuk berlangganan bisa langsung Daftar Kantor Kita atau Anda juga bisa memulai dengan menggunakan free trial 15 hari gratis terlebih dahulu.

Nikmati kemudahan bekerja menggunakan Kantor Kita!

Kesimpulan

Pengelolaan karyawan untuk Ramadhan adalah hal yang cukup penting dilakukan, karena ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan selama bulan Ramadhan. Jangan heran sebab di bulan Ramadhan ini berbeda dengan hari-hari biasanya.

Ramadhan juga bisa diisi dengan kegiatan Ramadhan seperti kegiatan internal (buber, kegiatan employee bonding) maupun kegiatan eksternal (campaign) dan lain sebagainya. Perusahaan sendiri juga perlu menyesuaian kerja sehingga karyawan bisa bekerja dengan baik.

Nah itulah ulasan tentang ide kegiatan Ramadhan di perusahaan maupun di perusahaan, semoga bermanfaat!

Previous articleFaktor Yang Menentukan Kenaikan Gaji Karyawan
Next articleKenapa Perusahaan Perlu Melakukan Pengembangan Karyawan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here