Fingerprint Vs Aplikasi Absensi Online??

0
3793
Fingerprint VS Aplikasi Absensi Online
Fingerprint VS Aplikasi Absensi Online

Fingerprint Vs Aplikasi Absensi Online??Aplikasi absensi online adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan dewasa ini, di masa pandemi banyak perusahaan yang mengubah cara kerja menggunakan teknologi-teknologi yang mendukung, salah satunya penggunaan aplikasi absensi online untuk  urusan absensi pegawai.

Fingerprint adalah salah satu media absen yang dianggap sebagai teknologi terbaru untuk absensi pegawai di beberapa tahun yang lalu karena dianggap memiliki tingkat keamanan yang cukup bagus agar absen tidak bisa dicurangi. Bagaimana peran fingerprint di masa ini? Akankah masih efektif? Bagaimana dengan aplikasi absensi online? Apakah juga efektif untuk perusahaan? Kantor Kita akan membahas topik untuk kamu, yuk dipahami bersama-sama.

 

Fingerprint VS Aplikasi Absensi Online

Contoh MesiContoh Mesin Fingerprint n Fingerprint
Contoh Mesin Fingerprint

Mesin absensi fingerprint adalah cara pencatatan absensi yang menggunakan sidik jari sebagai identitas karyawan dalam ber absen masuk dan pulang kerja. Fingerprint menjadi satu mesin absensi yang cukup akurat karena hanya bisa diakses oleh karyawan yang bersangkutan.

Berbeda dengan mesin absensi sebelumnya seperti mesin ceklok dan lainya, mesin absensi ini cukup akurat dan mudah digunakan. Sayangnya sekarang ini mesin absensi finger kurang sesuai untuk kerja remote.

aplikasi absensi online

Contoh Aplikasi Absensi Online

Aplikasi absensi online adalah salah satu media pencatatan absensi karyawan yang menggunakan internet untuk menjalankan aplikasinya. Sekarang ini aplikasi absensi online menjadi pilihan mesin absensi yang terjangkau dan lebih friendly baik untuk karyawan maupun untuk HR.

Aplikasi absensi online ini juga cukup akurat, dimana login aplikasi absensi hanya bisa diakses oleh karyawan bersangkutan dan juga umumnya dilengkapi dengan face recognition sehingga absensi tidak bisa dicurangi.

Baca Artikel Tentang : Absensi dengan Aplikasi Mobile KantorKita

 

Perbedaan Fingerprint Dan Aplikasi Absensi Online

berikut adalah beberapa perbedaan fingerprint dan aplikasi absensi online untuk Anda.

Proses Absensi

Proses absensi adalah hal yang menentukan tanda kehadiran karyawan baik menggunakan aplikasi absensi online ataupun menggunakan fingerprint.

Fingerprint Aplikasi Absensi Online
membaca sidik jari karyawan mencatat absensi di aplikasi atau foto diri di aplikasi

Perbedaan Fingerprint Dan Aplikasi Absensi Online

  1. Fingerprint

Proses absensi menggunakan sidik jari yang sudah didaftarkan sebelumnya, sidik jari yang digunakan untuk absensi biasanya menggunakan dua atau beberapa jari yang berbeda, misalnya ibu jari tangan kanan atau telunjuk sebelah kiri.

Ini adalah cara dasar ber absen menggunakan fingerprint, sehingga menggunakan fingerprint ini cukup aman untuk proses absensi pegawai, karena tidak ada yang bisa melakukan kecurangan karena hanya bisa diakses dengan sidik jari masing-masing pegawai. Untuk kemudian data  absensi akan masuk data rekapan data bulanan.

Hanya saja kelemahan penggunaan scanning sidik jari ini adalah sering terjadi error atau mesin bermasalah jika kondisi jari tidak dalam keadaan baik, kotor atau basah. Kelemahan ini yang akhirnya membuat proses absensi menggunakan sidik jadi menjadi kurang memudahkan.

Juga mesin absensi satu untuk semua membuat mesin absensi ini tidak bisa digunakan untuk kerja remote.

2. Aplikasi Absensi Online

Untuk bisa absen, aplikasi absensi  online menggunakan foto diri untuk menginput data absensi. Aplikasi absensi online memiliki fitur pendeteksi wajah, sehingga absen hanya bisa dilakukan dengan pengenalan wajah karyawan tersebut.

Proses absensi menggunakan aplikasi absensi  online, menggunakan satu perangkat seperti smartphone yang sudah diinstal aplikasi online, cukup dengan selfie data absensi sudah terinput dengan baik. Pun masing-masing karyawan memiliki satu akun untuk akses ke aplikasi absensi online ini, jadi berabsen bisa dilakukan secara mandiri di akun dan perangkat masing-masing.

Namun di beberapa mesin absensi online juga haya bisa menginputkan waktu kedatangan saja tanpa menggunakan face recognition.

absensi android

Penggunaan Mesin

Penggunaan mesin  adalah hal yang membuat perangkat absen tetap berjalan dengan baik. Misalnya listrik ataupun koneksi internet.

Fingerprint Aplikasi Absensi Online
mesin menggunakan listrik/baterai aplikasi menggunakan internet

Perbedaan Fingerprint Dan Aplikasi Absensi Online

1.  Fingerprint

Fingerprint menggunakan listrik sebagai sumber perangkatnya, atau ada sumber lain yang lebih konvensional yaitu menggunakan tenaga baterai sebagai sumber perangkat agar tetap nyala sehingga perangkat ini harus terhubung dengan listrik ataupun baterai terisi dengan penuh agar bisa digunakan dalam absensi pagi dan sore hari.

Kelemahan fingerprint dalam masalah sumber ini adalah jika terjadi pemadaman listrik secara mendadak sehingga karyawan tidak bisa melakukan absensi dengan tepat, ataupun jika baterai habis, harus melakukan charge perangkat terlebih dahulu. Jadi jika terdapat gangguan dari listrik, proses absensi bisa kurang optimal.

2. Aplikasi Absensi Online

Aplikasi absensi online bisa dioperasikan menggunakan jaringan internet, sehingga bila ingin bisa melakukan absensi, perangkat karyawan harus terhubung dengan internet terlebih dahulu baik itu data seluler maupun Wifi yang sudah disediakan.

Kemudahan absensi menggunakan aplikasi absensi online ini adalah bisa mengakses absensi secara cepat dan mudah jika terhubung internet, apalagi sekarang jaringan internet bisa diakses dengan mudah dan setiap orang bisa menikmatinya dimana  saja dan kapan saja.

Baca : Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

Perangkat

Bagaimana perangkat dari fingerprint dan aplikasi absensi?

Fingerprint Aplikasi Absensi Online
satu untuk banyak karyawan masing-masing karyawan punya

Perbedaan Fingerprint Dan Aplikasi Absensi Online

1. Fingerprint

Perangkat adalah alat yang digunakan untuk ber absen. Absensi karyawan menggunakan fingerprint memiliki satu alat khusus yang berisi layar scan untuk mendeteksi sidik jari karyawan.

Umumnya perusahaan membeli satu alat yang digunakan untuk banyak karyawan sehingga dalam proses absensi bisa dibagi post-post agar tidak menyebabkan antre untuk proses absensi. Alat ini juga memerlukan maintenance berkala agar dapat berfungsi maksimal.

Kelemahan dari penggunaan 1 alat untuk banyak orang ini adalah menyebabkan antrian ketika masuk dan pulang kerja, sehingga waktu terbuang untuk proses antri ini. Waktu bekerja juga semakin berkurang. Pun di masa pandemi, fingerprint menimbulkan antrian sehingga resiko berkumpul juga ada, hal ini dinilai kurang efektif untuk karyawan di perusahaan besar.

2.  Aplikasi Absensi Online

Aplikasi absensi online, menggunakan perangkat masing-masing karyawan berupa smartphone sehingga absensi dilakukan secara mandiri dan tanpa menimbulkan antrian. Tentunya setiap perangkat sudah di instal aplikasi absensi online.

Biaya

Fingerprint Aplikasi Absensi Online
biaya  pembelian dan maintenance biaya berlangganan

Perbedaan Fingerprint Dan Aplikasi Absensi Online

1. Fingerprint

Biaya yang dikeluarkan untuk fingerprint untuk pembelian alat dan perawatan fingerprint secara berkala, biaya yang dikeluarkan cukup variatif tergantung dengan merek alat dan jenis perawatannya. Sehingga perusahaan juga mengeluarkan uang yang lumayan besar setiap waktunya.

2. Aplikasi Absensi Online

Biaya yang dikeluarkan untuk aplikasi absensi online dilakukan setiap bulannya, tergantung dengan paket dan jumlah karyawan yang menggunakan aplikasi ini. Menggunakan aplikasi absensi online tidak membutuhkan biaya untuk perawatan setiap bulannya.

Baca Artikel : Macam-Macam Mesin Absensi Bagi Perusahaan

 

Kesimpulan

Setiap aplikasi absensi memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Sebagai pengguna Anda perlu menyesuaikan penggunaan aplikasi absensi ini. Jika menggunakan aplikasi absensi online maka bisa menikmati kemudahan digunakan dimana saja dan kapan saja.

Nah menggunakan aplikasi absensi karyawan online ini bisa menggunakan Kantor Kita sebagai absensi online terbaik kamu. Absensi online full fitur rekap gaji dan payroll untuk memberi kemudahan HR dan karyawan dalam bekerja. Daftar dan coba fitur bisa dengan daftar aplikasi hris Kantor Kita.

Info selengkapnya bisa langsung daftar atau hubungi tim CS Kantor Kita yang memberikan advice untuk Anda. Cari software hris indonesia ya Kantor Kita!

itulah penjelasan tentang perbedaan Fingerprint VS Aplikasi Absensi Online semoga bermanfaat!

Previous articleKomunikasi dalam Tata Hubungan Kantor
Next articleKasbon Karyawan : Pengertian dan Contoh Formnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here