Bagaimana Sih Ciri Lingkungan Kerja yang Baik?

0
906
Bagaimana Sih Ciri Lingkungan Kerja yang Baik

Bagaimana Sih Ciri Lingkungan Kerja yang Baik?Memiliki lingkungan kerja yang sehat adalah salah satu hal yang diinginkan banyak karyawan. Seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan kerja yang baik ini akan mempengaruhi produktivitas dan kinerja karyawan. Bahkan tidak jarang karyawan yang merelakan bekerja dengan gaji tinggi untuk memilih perusahaan yang memiliki lingkungan kerja yang baik.

Namun bagaimana sih kriteria lingkungan kerja yang baik itu? Apakah yang memiliki kebersihan maksimal atau dilihat dari kondisi sosial di lingkungan kerja tersebut? Mari kita bahas bersama tentang lingkungan kerja yang sehat di ulasan hari ini.

 

Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja menurut adalah sesuatu, kejadian, orang dan lainnya dimana hal ini akan mempengaruhi cara orang untuk bekerja. Lingkungan kerja juga merupakan kumpulan dari faktor fisik maupun non fisik. Faktor inilah yang akan mempengaruhi bagaimana karyawan bekerja. (Taiwo, 2010)

Kondisi Lingkungan Kerja yang Baik
Kondisi Lingkungan Kerja yang Baik

Sedangkan menurut Steve (2012) menuliskan bahwa lingkungan kerja adalah keseluruhan dari hubungan yang terjadi pada karyawan di tempat kerja. Semua hal yang ada di tempat kerja merupakan lingkungan kerja.

Indikator yang bisa digunakan untuk mengukur nilai lingkungan kerja tersebut adalah lingkungan teknologi, lingkungan manusia, lingkungan organisasional.

Selanjutnya menurut Wursanto (2005) mengatakan bahwa lingkungan kerja adalah lingkungan yang mempengaruhi perilaku seseorang dalam bekerja. Lingkungan kerja berupa lingkungan fisik seperti bangunan, gedung dan sarana juga lingkungan non fisik seperti rasa aman dari bahaya, keamanan dari php, loyalitas juga rasa puas bekerja pada karyawan.

Dari dua penjelasan di atas kita bisa memahami bahwa lingkungan kerja adalah tempat berkumpulnya aktivitas kerja seseorang. Dimana lingkungan kerja ini akan mempengaruhi bagaimana perilaku karyawan dalam bekerja.

 

Apakah Kondisi Lingkungan Kerja Mempengaruhi Produktivitas Karyawan?

Dalam satu lingkungan kerja, banyak karyawan berkecimpung di dalamnya. Kondisi kerja pastinya akan mempengaruhi siapa saja yang ada di dalam lingkungan tersebut. Kondisi lingkungan kerja yang baik akan berpengaruh kepada

Ciri Lingkungan Kerja yang Baik
Ciri Lingkungan Kerja yang Baik

1. Suasana Hati

Kondisi lingkungan kerja akan sangat mempengaruhi suasana hati atau mood karyawan dalam bekerja. Seperti yang kita ketahui suasana hati manusia ini ada beberapa jenis mulai dari senang, sedih, marah dan juga tenang.

Kondisi suasana hati yang tenang maupun senang akan membuat bekerja dengan nyaman. Sehingga dalam mengerjakan pekerjaannya, karyawan bisa lebih fokus. Tanpa ada gangguan.

Baca : Kesehatan Mental Karyawan

2. Kinerja Karyawan

Kualitas kinerja, produktivitas, apa yang berhasil diselesaikan dan semangat menjalankan tugas karyawan sangat terbantu dari kondisi lingkungan kerja. Kondisi kerja yang baik maka akan membuat karyawan memiliki fokus kerja yang baik. Dimana fokus inilah yang membuat karyawan memiliki produktivitas kerja yang baik pula.

3. Motivasi Kerja Karyawan

Banyak karyawan yang tidak melanjutkan pekerjaannya karena alasan lingkungan kerja yang kurang sportif. Dari hal ini kita mengetahui bahwa motivasi kerja akan sangat dipengaruhi dari kondisi lingkungan kerja.

Jika perusahaan Anda mengalami masalah turnover karyawan yang tinggi, maka perlu diperhatikan kembali mengenai lingkungan kerjanya.

Jika kinerja karyawan sudah tercapai, maka kepuasan kerja karyawan juga tinggi. Sebab pekerjaan dilakukan sesuai dengan keinginan individu.

Sebaliknya karyawan yang tidak nyaman dengan lingkungan kerja memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk tidak menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Hal ini terjadi karena karyawan tidak bisa mencurahkan fokusnya pada pekerjaan.

Rasa senang pada lingkungan kerja akan mempengaruhi rasa tanggung jawab, penggunaan waktu dan lainya sehingga produktifitas kerjapun baik.

 

Dampak Lingkungan Kerja yang Baik

Selain memberikan produktivitas yang meningkat pada karyawan, ada beberapa manfaat lainya yang didapatkan dari lingkungan kerja yang baik.

1. Munculnya Karyawan yang Berprestasi

Lingkungan kerja yang supportif akan menghasilkan karyawan-karyawan yang berprestasi. Muncul rasa bersaing yang sehat sehingga kompetisi di dalam lingkungan kerja cukup fair.

2. Hubungan antar karyawan yang terjalin baik

Dampak yang baik dari adanya lingkungan kerja yang baik adalah terbentuknya hubungan antar karyawan yang baik pula. Hubungan kerja yang baik ini akan membuat pekerjaan lebih lancar juga komunikasi aman. Tentunya masalah internal akan hilang dengan sendirinya.

3. Mengurangi Persentase Turnover Karyawan

Semakin nyaman karyawan maka akan membuat karyawan loyal kepada perusahaan. Tentunya hal ini menjadi hal baik karena akan mengurangi tingkat turnover karyawan. Jika turnover tinggi maka akan ada banyak hal yang perlu diperbaiki dari perusahaan tersebut.

4. Target Terpenuhi

Target kerja akan semakin berat di lingkungan yang tidak sehat. Selain harus merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja, karyawan juga perlu mencapai target kerja yang tidak ringan. Di lingkungan kerja yang buruk, kondisi karyawan bisa saja kurang maksimal, seperti kurang termotivasi juga loyalitas rendah.

Di lingkungan kerja yang baik, dengan support, tim yang baik dan sarana yang mendukung maka mencapai target menjadi hal yang masih bisa dicapai.

 

Ciri Lingkungan Kerja yang Baik

Berikut adalah beberapa hal yang masuk dalam kondisi lingkungan kerja yang baik. Cek apakah lingkungan kerja Anda memiliki kriteria seperti ini juga?

1. Lingkungan Kerja Secara Fisik

Beberapa hal yang berhubungan dengan lingkungan kerja secara fisik dapat dipahami dengan :

  1. Bangunan tempat kerja
  2. Ruang kerja yang lega
  3. Adanya ventilasi
  4. Peralatan kerja atau fasilitas kerja
  5. Ketersediaan Tempat istirahat
  6. Ketersediaan Tempat ibadah

Itulah beberapa hal yang menyangkut dengan lingkungan kerja yang baik dari sisi fisik.

2. Lingkungan Kerja Secara Non Fisik

Selanjutnya adalah lingkungan kerja non fisik yang berguna untuk kenyamanan karyawan, dintaranya adalah

  1. Lingkungan kerja yang aman dari rasa bahaya
  2. Lingkungan kerja yang saling mendukung
  3. Loyalitas secara vertikal maupun horizontal
  4. Kesejahteraan untuk karyawan
  5. Tingkat Kebisingan

Cek dulu apakah lingkungan kerja Anda sudah mencangkup beberapa hal diatas, apakah pekerja sudah merasakan nyaman dengan fasilitas fisik juga psikis?

 

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang mempengaruhi kondisi lingkungan kerja seseorang, diantaranya adalah tentang fasilitas fisik maupun psikis. Hal ini akan mempengaruhi kinerja karyawan dan kenyamanan kerja karyawan. Bagaimana dengan lingkungan kerja Anda? Apakah sudah tercapai lingkungan kerja yang baik?

Software Hris Indonesia

Gunakan software hris untuk mendukung kinerja dan produktifitas karyawan di kantor. Fasilitas teknologi ini akan membuat pekerjaan akan jauh lebih cepat dan maksimal.

Sekian informasi hari ini tentang Bagaimana sih ciri Lingkungan kerja yang Baik? Semoga bermanfaat!

Previous articleKriteria Kantor Idaman Millenial, Kantormu Seperti Ini, Kah?
Next articleFitur Aplikasi Absensi Online yang Menambah Kenyamanan Kerja Karyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here