Aplikasi Kasir Supermarket yang Pas, Gimana Karakternya?

0
1644
aplikasi kasir supermarket
Aplikasi Kasir Supermarket yang Pas, Gimana Karakternya?

Aplikasi Kasir Supermarket yang Pas, Gimana Karakternya? Aplikasi kasir adalah salah satu aplikasi yang banyak dibutuhkan sekarang ini untuk membantu outlet melakukan transaksi keuangan dengan customernya. Sekarang ini ada banyak pilihan aplikasi kasir terbaik yang bisa dipilih yang menawarkan berbagai macam fitur dan kelebihannya.

Namun banyaknya pilihan software kasir ini membawa banyak pilihan aplikasi kasir mana yang perlu dipilih dan juga aplikasi kasir yang sesuai dengan kebutuhan.

Nah aplikasi kasir sendiri juga perlu disesuaikan dengan jenis usahanya, misalnya kuliner, swalayan atau outlet perbelanjaan yang lebih luas memiliki standar atau karakter yang berbeda-beda. Kali ini kami akan membahas mengenai aplikasi kasir supermarket, gimana sih karakternya?

1. Aplikasi Kasir yang Resposif Untuk Perangkat PC

Yang pertama adalah aplikasi kasir yang cocok digunakan untuk perangkat dektop seperti mesin computer. Bukan tanpa alasan kenapa aplikasi kasir harus cocok dengan perangkat desktop, sebab dalam sehari pasti sebuah swalayan atau supermarket akan melayani banyak pembeli yang bertransaksi pembayaran, alat yang paling cocok dan kuat untuk memenuhi kebutuhan ini adalah PC, sehingga dibutuhkan aplikasi kasir yang responsif dengan PC.

Sebab sekarang ini juga banyak sekali aplikasi kasir yang penggunaannya hanya ditujukan untuk perangkat tertentu, seperti aplikasi kasir android atau juga tablet sehingga apabila digunakan dalam dektop tampilanya kurang memadai.

2. Aplikasi Kasir Supermarket yang Kompatibel dengan Hardware Kasir

Perangkat yang dibutuhkan untuk kasir supermarket lebih lengkap daripada kebutuhan kasir swalayan kecil atau juga restoran. Di dalam supermarket perlu melengkapi mesin kasir dengan hardware berupa

  1. Mesin scan kode
  2. Mesin cardreader atm
  3. Mesin printer nota
  4. Laci kasir

Jadi untuk aplikasi kasir supermarket perlu kompatibel dengan hardware yang dibutuhkan. Umumnya pengembang aplikasi kasir sendiri memberikan paket hardware pelengkap berupa alat yang disebutkan di atas, sehingga aplikasi kasir akan langsung kompatibel dengan hardwarenya.

Bahkan beberapa aplikasi kasir juga menggunakan wireless hardware sehingga tidak lagi menggunakan kabel sebagai penghubung antar perangkat, melainkan sudah menggunakan Bluetooth atau sejenisnya.

Anda bisa memilih aplikasi kasir yang sudah termasuk paket hardwarenya.

3. Aplikasi Kasir Supermarket yang Mendukung Banyak Sistem Pembayaran

Sekarang ini pembayaran memiliki beragam metode yang bisa digunakan, tidak melulu pembayaran cash namun juga pembayaran virtual menggunakan e-wallet ataupun menggunakan rekening kreditnya. Sehingga akan lebih baik aplikasi kasir yang digunakan mendukung pembayaran virtual ini.

Apalagi di masa pandemic seperti ini banyak orang memiliki pembayaran virtual untuk menggantukan pembayaran cash agar tidak melakukan kontak. Jadi jika ingin supermarket Anda dinilai cukup memudahkan dan efisien, maka gunakan aplikasi kasir yang kompatibel dengan berbagai jenis metode pembayaran.

Kemampuan supermarket menerima banyak pembayaran virtual ini juga memengaruhi ketertarikan pengunjung lho.

4. Aplikasi Kasir yang Mendukung Membership

Supermarket juga tidak jarang memberikan harga atau diskon khusus untuk konsumen yang mendaftarkan menjadi member. Untuk mengelola urusan member ini, bisa menggunakan software kasir .

Aplikasi kasir saat ini mendukung untuk urusan membership, seperti daftar nama membership, waktu berlangganan membership atau juga poin membership yang diberikan. Jadi semua data tentang membership ini lebih tersistem dengan baik, tidak perlu pencatatan dalam software atau media lain namun langsung dari sistem/aplikasi kasir yang digunakan.

Cukup menarik, bukan?

Jadi urusan member mudah dan juga datanya lebih terpadu.

5. Aplikasi Kasir yang Mudah Digunakan

Kemudahan aplikasi kasir sangat memengaruhi kecepatan pelayananan transaksi. Sebab aplikasi kasir yang mudah dipahami akan membuat petugas kasir lebih mudah mengoperasikan untuk semua seluk beluknya, sehingga prosesnya akan lebih cepat dan datanya akurat.

Berbeda dengan mesin kasir yang memiliki navigasi atau cara kerja yang sulit dipahami, hal ini membuat proses transaksi lebih sulit dilakukan.

Aplikasi kasir yang profesional akan lebih minim bug maupun error yang parah jadi proses kerja menggunakan aplikasi kasir lebih maksimal.

6. Aplikasi Kasir yang Memberikan Fitur Laporan

Kebutuhan laporan juga tidak bisa dipandang sebelah tangan untuk aplikasi kasir, sebab aplikasi kasir sekarang ini sudah banyak yang memberikan kemudahan dalam hal laporan dan grafik sehingga tidak perlu susah-sudah menggunakan laporan manual. Apalagi di tingkat layanan tinggi seperti supermarket, laporan perlu detail dan lengkap.

Banyak aplikasi kasir yang memberikan fitur laporan, namun tidak banyak yang memberikan laporan secara detail. Dari mulai pendapatan kotor, pajak, modal, penjualan harian dan bulanan yang bisa diakses menggunakan media digital misalnya PC.

7. Aplikasi Kasir Supermarket yang Memberikan Fitur Pengelolaan Stock

Pengelolaan stock, daftar harga sampai dengan suplyer produk juga perlu dimiliki dalam aplikasi kasir ini. Sebab hal ini akan sangat memudahkan dalam manajemen stock dan suplyer sehingga pengguna akan merasa lebih ringkas dan mudah ketika sedang mengelola produk yang ia jual.

Apalagi di dalam penjualan supermarket, dimana produknya cukup banyak yang dijual dan perlu pengelolaan yang ketat dan teliti.

Itulah beberapa karakter aplikasi kasir supermarket yang yang pas untuk digunakan di supermarket maupun swalayan. Dengan penggunaan aplikasi kasir di supermarket ini, diharapkan kinerja menjadi lebih maksimal dan efisien.

Kesimpulan

Memilih aplikasi kasir ternyata perlu melakukan pengecekan agar sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian. Beda bidang beda lagi aplikasi kasir yang dibutuhkan. Tentunya Anda perlu memilih aplikasi kasir yang bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Salah satu aplikasi kasir yang banyak dipilih untuk mengelola transaksi supermarket yang bisa dipilih adalah aplikasi kasir dari Kantor Kita. Aplikasi Kasir  yang memberikan banyak kemudahan dengan fitur lengkap dan penggunaan yang mudah dipahami. Aplikasi kasir Kantor Kita cocok dipilih untuk semua bidang bisnis.

Sekian ulasan tentang aplikasi kasir dari Kantor Kita hari ini, semoga bermanfaat!

Previous articleKelola SDM sekaligus Inventaris dengan Software HRIS  
Next articleAplikasi Pemasaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here