Mulai Tidak Betah Di Kantor? Lakukan 12 Tips Ini Untuk Bekerja Yang Lebih Nyaman

0
2130

Mulai Tidak Betah Di Kantor? Lakukan 12 Tips Ini Untuk Bekerja Yang Lebih Nyaman Dalam segala sesuatu, tidak selamanya merasa nyaman. Pasti ada juga rasa tidak nyaman yang dirasakan. Begitupun dalam bekerja. Dalam hal ini bagi sebagian besar individu, kata seperti “kerja” dan “tidak nyaman” memiliki arti yang hampir sama. Bahkan ada suatu pemikiran tentang menghilangkan ketidaknyamanan di dalam sebuah tempat kerja yang rasanya seperti melakukan hal-hal yang tidak mungkin. Namun anda jangan pernah takut, selama anda bisa menyesuaikan pola pikir, kemudian anda menciptakan sebuah lingkungan kerja yang nyaman dan juga melakukan suatu kebiasaan yang terbukti dapat meredakan rasa yang tidak nyaman, anda tentunya akan lebih bahagia. Anda juga dapat bebas dari rasa tidak nyaman selama anda berada di tempat kerja. Oleh karena itu, anda sangat membutuhkan beberapa tips untuk bertahan di kantor. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan :

  1. Merapikan Meja Kerja

Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah merapikan meja kerja anda. Meja kerja yang rapi tentu akan membuat anda merasa lebih nyaman. Anda juga harus menjaga agar nantinya meja kerja tidak lagi berantakan dan gunakan meja tersebut hanya untuk meletakkan beberapa barang yang sering anda gunakan saja, seperti tempat pensil, telepon, buku catatan dan lain sebagainya. Anda juga perlu menyusun berkas – berkas secara rapi dan membuang alat tulis yang sudah tidak anda gunakan lagi. Sebab semakin rapi tempat kerja anda, semakin nyaman pekerjaan yang anda lakukan.

Baca : Jangan Sepelekan; Ini Waktunya Ambil Jatah Cuti 

  1. Menciptakan Kondisi Kerja yang Baik

Apabila ruang kerja anda ditata dengan baik, maka tubuh anda akan terbebas dari ketegangan. Begitupun dengan pikiran anda. Apabila lengan anda selalu tertekuk selama mengetik, kamu bisa mencoba dengan menggunakan papan ketik yang terpisah. Selain itu, anda juga bisa menggunakan tetikus untuk dapat meredakan tekanan di pergelangan tangan dan juga jari-jari anda. Anda juga perlu meletakkan barang-barang yang sering anda gunakan di dekat anda, agar nantinya anda tidak perlu repot-repot lagi mencarinya. Tips bertahan di kantor yang satu ini bisa dibilang sangat kecil dan banyak disepelekan namun ternyata cukup membantu untuk dapat bertahan di kantor dan dapat membuat anda merasa lebih nyaman.

  1. Meletakkan Aromaterapi

Apabila kantor anda mengizinkan, anda bisa mencoba untuk menggunakan pengharum ruangan yang lembut. Anda juga bisa meletakkan bunga yang anda suka di meja kerja anda. Lalu biarkan wanginya membuat anda merasa lebih tenang dan damai. Selain itu, anda juga dapat menggunakan aromaterapi dari tumbuhan yang sudah dikeringkan. Hal ini bertujuan untuk membuat tempat kerja anda terasa milik sendiri. Hal ini juga dapat membuat pikiran dan tubuh anda menjadi lebih bahagia.

  1. Baik dengan Rekan Kerja

Mungkin anda pernah mengalami rasa yang tidak nyaman di tempat kerja karena anda merasa seperti sendirian dan tidak memiliki rekan bicara sepanjang hari. Namun meskipun anda tidak harus menjadi seorang rekan yang paling baik, cobalah untuk mengenal rekan kerja anda yang lainnya. Misalnya, anda mengenal mereka di saat makan siang maupun waktu istirahat. Hal tersebut akan membuat anda menjadi memiliki rekan yang mendukung dan juga mengerti akan masalah yang sedang anda hadapi. Dengan melakukan tips bertahan di kantor yang satu ini,  akan membuat anda merasa lebih nyaman untuk berada di tempat kerja.

  1. Mengubah Cara Pikir

Apabila anda merasa tidak sanggup lagi untuk menanggung beban, contohnya saja karena anda tidak pernah dapat menyelesaikan pekerjaan. Tentu saja anda merasa khawatir dipecat atau apa saja yang anda lakukan tidak pernah baik. Anda bisa mencoba untuk menenangkan diri, kemudian tarik napas dalam – dalam dan katakan pada diri sendiri untuk dapat merubah cara pikir anda sendiri. Pekerjaan tersebut mungkin bisa menguras energi, namun pada akhirnya pekerjaan tetap hanya pekerjaan. Hal ini bukan merupakan urusan hidup dan mati, kecuali apabila memang hidup anda dipertaruhkan di dalam pekerjaan.Absensi Mudah dengan Kantor Kita

  1. Melakukan Meditasi

Anda juga bisa melakukan meditasi di meja kerja ataupun di lantai 20 menit sehari. Hal tersebut dapat membuat anda merasa lebih nyaman dan bahagia. Mulailah dengan mencari tempat yang tenang untuk duduk yang nyaman. Setelah itu, letakkan telapak tangan anda di atas paha. Setelah itu, tegakkan tubuh anda dan fokuskan perhatian anda untuk membahagiakan setiap bagian tubuh anda satu persatu. Hal ini perlu anda lakukan untuk mengontrol diri agar lebih nyaman dalam bekerja.

  1. Membuat Catatan

Anda mungkin saja sangat terikat dengan komputer. Namun ada baiknya apabila anda menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak kemudian mencatat beberapa hal. Mulailah dengan membuat daftar tugas harian sampai dengan informasi yang anda terima dari telepon. Cobalah untuk menulis beberapa kata bahkan kata yang mungkin saja tidak penting untuk pekerjaan anda. Hal ini akan memberikan kesempatan agar nantinya pikiran anda dapat terbebas dari layar komputer. Kemudian hal ini dapat membantu untuk memulihkan energi anda dan membuat anda menjadi tidak terlalu terbebani.

Hindari stres dikantor dengan membuat catatan
  1. Mengatur Beban Kerja

Tips selanjutnya adalah anda dapat menenangkan pikiran anda di tempat kerja. Hal ini untuk memastikan apabila anda tidak terlalu terbebani dengan semua pekerjaan yang harus anda lakukan. Anda harus berusaha untuk mengatur beban kerja dengan cara mendelegasikan beberapa tugas ke karyawan lain. Anda bisa meminta dukungan dari rekan kerja ataupun mengurangi pekerjaan yang sudah pernah anda terima.

  1. Berusaha Kerja Lebih Menyenangkan

Selain itu, anda bisa mencoba untuk membawa beberapa makanan kecil untuk anda dan rekan-rekan selama bekerja. Anda juga bisa selalu berusaha untuk bekerja menjadi terasa lebih menyenangkan dengan membeli makanan enak untuk diri sendiri, memanjakan diri sendiri setelah pulang kerja atau melakukan hal-hal lainnya.

Baca juga : 10 Tips Mengatasi Stres Di Temapt Kerja

  1. Membayangkan Liburan Favorit

Apabila kondisi tempat kerja anda terasa tegang, cobalah untuk anda menutup mata sejenak dan mengingat tempat liburan favorit kamu. Cobalah ciptakan aroma, suasana dan rasa yang dapat membuat tempat tersebut menjadi istimewa.  Dengan hal ini, anda akan lebih tenang.

  1. Konsumsi Makanan yang Meredakan Ketidaknyamanan

Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang mungkin bisa meredakan rasa ketidaknyamanan. Terutama makanan kesukaan anda atau beberapa makanan lain seperti cokelat, buah-buahan, kacang almond, dan beberapa makanan lainnya.

  1. Mengikuti Kelas Yoga

Selain itu, cobalah juga untuk melakukan yoga setelah pulang kerja. Yoga ini diklaim dapat membantu anda lebih menenangkan diri. Terutama saat anda sedang dalam tekanan pekerjaan, tentu saja yoga akan sangat membantu anda.

Yap, dengan melakukan beberapa tips bertahan di kantor tersebut, tentunya pekerjaan yang anda lakukan akan jauh lebih menyenangkan. Sehingga membuat anda menjadi lebih betah di kantor dan pekerjaan yang anda lakukan akan memberikan hasil yang maksimal. Apalagi ketika fasilitas lebih memadai. Salah satunya adalah untuk absensi. Pastikan menyediakan fasilitas absensi yang lebih menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi KantorKita dari www.kantorkita.com. Hanya dengan sekali sentuh melalui smartphone, anda tidak akan merasa kerepotan lagi dalam melakukan absensi. Tentunya mampu membuat anda semakin nyaman di tempat kerja. Untuk mendapatkan aplikasi ini anda tingal klik download.

Previous articlePSBB Jogja Diperpanjang, Tips Menghindari Stress Selama WFH
Next articleSosial Media dan Proses Recruitment Kerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here