Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan

2
1911

Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan – Slip gaji merupakan sebuah bukti pembayaran dari hasil kerja karyawan setiap bulannya atau setelah pekerjaan tertentu diselesaikan sesuai kesepakatan antara perusahaan dan karyawan. Bila anda merupakan seorang karyawan, slip gaji ini ternyata memberikan banyak sekali keuntungan dan manfaat selain bukti pembayaran pekerjaan anda. Berikut ini manfaat yang anda bisa dapatkan dari keberadaan slip gaji tersebut :

1.Mengetahui Detail Perincian Gaji
Anda tentu ingin mengetahui tentang rincian penggajian yang anda terima. Slip gaji akan menjadi bukti yang menjelaskan keingintahuan anda. Detail dari gaji yang anda terima termasuk apa yang menambah dan mengurangi angka dari gaji pokok dapat anda lihat di dalamnya. Dengan slip gaji tersebut anda juga bisa melakukan koreksi bila terjadi kesalahan perhitungan dari gaji yang anda terima. Detail perincian ini bisa menjadi bentuk arsip pribadi karyawan yang bisa disimpan untuk melihat peningkatan pendapatan yang diterima selama bekerja. Dengan adanya aplikasi slip gaji anda bisa mengarsip dan memiliki data anda secara online serta tertata rapi secara aman.

2. Syarat Pengajuan Kredit Elektronik
Kebutuhan elektronik dewasa ini menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat, termasuk karyawan. Barang-barang elektronik tidak hanya sebagai bentuk hiburan, namun juga barang-barang peralatan kebutuhan rumah tangga yang bisa memudahkan kehidupan seorang karyawan. Dengan banyaknya jasa pengajuan kredit pembelian barang elektronik, memiliki kebutuhan tersebut menjadi lebih terfasilitasi. Namun salah satu persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit barang elektronik adalah slip gaji. Dokumen ini menjadi salah satu tolak ukur kemampuan karyawan yang menjadi pertimbangan perusahaan kreditur untuk meloloskan atau tidak kredit yang anda ajukan. Anda bisa mengajukan data perkembangan gaji anda secara rapi dan lengkap dari aplikasi slip gaji yang perusahaan anda gunakan.

3. Memudahkan Kredit Kepemilikan Rumah
Rumah atau tempat tinggal menjadi sebuah kebutuhan yang diidamkan oleh banyak orang. Rumah menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang, termasuk anda sebagai seorang karyawan. Sama seperti kredit barang elektronik, slip gaji yang anda miliki juga menjadi salah satu dokumen wajib yang harus anda siapkan untuk mengajukan kepemilikan rumah. Slip gaji ini juga berfungsi sebagai pertimbangan bank untuk meloloskan keinginan anda mencicil sebuah tempat tinggal. Banyak bank yang menyediakan KPR akan meminta anda menyediakan dan meminta bukti slip gaji anda selama tiga hingga enam bulan untuk melihat kestabilan keuangan anda sebagai bahan pertimbangan mereka. Setidaknya jumlah gaji yang anda miliki harus memiliki angka minimal tiga kali lipat dibanding jumlah cicilan yang harus anda bayarkan setiap bulannya.

4. Referensi Melamar Kerja
Jika suatu saat anda ingin berhenti bekerja di sebuah perusahaan dan melamar lagi bekerja di perusahaan lain, slip gaji bisa menjadi salah satu nilai jual yang bisa anda ajukan. Slip gaji bisa menjadi referensi yang menentukan “harga” anda sebagai seorang pekerja. Angka yang tertulis dalam slip gaji anda pada perusahaan sebelumnya dapat menjadi tolak ukur dari perusahaan baru yang anda tuju untuk mempertimbangkan gaji yang lebih tinggi atas kompetensi yang anda miliki. Jika anda merasa nilai dalam slip gaji anda masih jauh dari kompetensi anda, tidak ada salahnya anda menjadikannya alasan untuk menjual kemampuan anda di perusahaan lain.

Salah satu syarat pengajuan kartu kredit adalah slip gaji resmi perusahaan

5. Pembuatan Kartu Kredit
Kartu kredit merupakan salah satu alat pertukaran yang memungkinkan anda membeli barang secara kredit melalui mekanisme pembayaran bank. Tidak semua orang bisa mendapatkan kartu kredit secara gratis. Kartu kredit yang diterbitkan sebuah bank juga mensyaratkan anda menyediakan slip gaji sebagai pertimbangan mereka meloloskan diri anda memiliki kartu kredit. Batasan maksimal dari kartu kredit yang anda ajukan akan dipertimbangkan berdasarkan kemampuan ekonomi anda setiap bulannya. Aplikasi slip gaji bisa menyediakan data slip gaji anda dalam bentuk digital untuk memudahkan anda mengajukan data ini.

Nah bagi kalian yang bekerja sebagai karyawan, kalian berhak atas slip gaji setiap bulannya dari perusahaan tempat kalian bernaung. Sebaliknya, bagi pengusaha, kalian wajib untuk menerbitkan slip gaji sebagai bukti serah terima upah bulanan. Bagi beberapa perusahaan, terutama yang belum memiliki sistem payroll yang rapi mungkin terkesan memberatkan. Namun jangan khawatir karena sekarang sudah tersedia aplikasi Kantor Kita yang memfasilitasi slip gaji online atau slip gaji digital. Sistem kerja slip ini memudahkan HR yang mengelola payroll dan slip gaji digital akan langsung diterima oleh karyawan sesaat setelah penerbitan. Silahkan baca Slip Gaji Digital untuk mengetahui cara penerbitan melalui aplikasi slip gaji Kantor Kita.

Previous articlePengelolaan Mudah Dan Cepat Menggunakan Aplikasi Absensi Online
Next articleMacam-Macam Sistem Absensi Bagi Perusahaan

2 COMMENTS

  1. […] Apa Itu Slip Gaji?Slip gaji adalah selembar kertas berisi catatan rincian gaji yang akan diterima oleh karyawan atau pegawai setelah bekerja dalam kurun waktu tertentu misalnya setiap bulan. Nominal rinci slip gaji terdiri dari beberapa komponen pembentuk upah yakni gaji bersih seperti gaji pokok, tunjangan, penambah gaji, dan juga pengurang gaji (nilai pinjaman).Slip gaji menjadi bukti resmi bagi perusahaan bahwa perusahaan telah melakukan kewajibaan terhadap karyawan dan sebagai dokumentasi pengeluaran dana dari perusahaan. Bagi karyawan, slip gaji adalah bukti yang jelas dari perusahaan, bukti tertulis informasi potongan, setoran pajak, dan rujukan ketika ingin mengajukan pinjaman kredit. (Baca selengkapnya : Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here