Contoh Form Data Hadir Karyawan – Data hadir atau absensi karyawan adalah salah satu hal yang perlu dikelola. Setiap waktu masuk karyawan harus tercatat dengan baik agar objektif dalam penilaian maupun pembayaran karyawan. Ketika Anda memiliki jumlah karyawan yang masih terbatas, pencatatan kehadiran bisa dilakukan dengan sederhana, namun jika bisnis sudah berkembang dan jumlah karyawan banyak maka manajemen absensi juga harus rapih.
Hari ini Kantor Kita akan memberikan form data hadir karyawan atau form absensi karyawan untuk Anda.
Format Form Absensi Karyawan
Form absensi karyawan adalah hal yang penting untuk dibuat lengkap dan jelas. Dimana form ini yang digunakan untuk mencatat kehadiran karyawan. Tentu saja form absensi harus dibuat selengkap mungkin dan menyeuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sebab dari hasil absensi inilah akan memengaruhi perhitungan gaji pokok dan penilaian karyawan.
Format informasi yang harus ada dalam form data hadir karyawan adalah
- Nama
- Waktu kedatangan
- Waktu pulang
Untuk selanjutnya perekapan dilengkapi dengan jumlah izin, jumlah alpha dan jumlah sakit. Sehinga nantinya form akan lebih mudah untuk dibaca dan dibuat laporan.
Baca : Formulir Cuti Karyawan : Contoh dan Fungsinya
Contoh Form Absensi Karyawan
Berikut adalah contoh form absensi harian untuk Anda. Form absensi harian ini bisa digunakan untuk pencatatan karyawan yang bekerja dalam hitungan hari dan dibagi dalam beberapa shift. Misalnya seperti freelance atau partime sementara di perusahaan.
Untuk perusahaan yang mempekerjakan karyawan shift pada beberapa bidang kerja, bisa menggunakan form absensi karyawan harian seperti ini.
Selain itu juga ada beberapa contoh form absensi yang bisa digunakan lagi, misalnya berikut ini
Form absensi di atas dengan menggabungkan banyak karyawan pertanggalnya. Sehingga semua karyawan akan absensi bersama- sama dalam satu tabel.
Untuk selanjutnya
Di atas adalah pencatatan absensi karyawan perbulan atau per-30 hari. Catatan absensi ini paling banyak digunakan untuk berbagai perusahaan untuk karyawannya.
Baca : Pinjaman Uang Karyawan : Cara Pengajuan dan Contoh Formulirnya
Form Absensi Perjalan Dinas / Kunjungan
Walau dalam kondisi perjalanan dinas atau kunjungan pekerjaan, tetap harus melakukan absensi untuk mendata lokasi, waktu dan karyawan yang melakukan kunjungan. Absensi untuk kunjungan ini diperlukan untuk proses reimbursement karyawan atau juga untuk klaim uang transport dari perusahaan.
Sehingga pencatan waktu kunjungan perlu dilakukan. Berikut adalah contoh form absensi perjalan dinas atau form absensi kunjungan untuk Anda.
Lanjut dengan contoh form absensi kunjungan karyawan yang lainya. Anda bisa menggunakan form di atas atau dibawah ini
Absensi kunjungan karyawan perlu dibuat terpisah dengan absensi harian biasanya agar memudahkan pendataan absen kunjungan karyawan.
Kunjungan seperti ini dibutuhkan untuk beberapa bidang kerja, misalnya seperti sales, tim audit, supervisor dan lain sebagainya.
Baca : Contoh Form Reimbursement Perusahaan
Absensi Manual
Umumnya cara absensi yang masih menggunakan kertas dan alat tulis serta cara absensi tertulis ini disebut dengan absensi manual.
Walau sekarang sudah mulai banyak ditinggalkan namun absensi manual ini masih digunakan oleh beberapa perusahaan tertentu terutama untuk perusahaan skala kecil menengah.
Penggunaan absensi manual memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Memahami kekurangan dan kelebihan ini membuat Anda bisa mempertimbangkan penggunaan absensi manual atau beralih menggunakan absen yang lebih cocok.
Kelebihan Absensi Manual
- Mengeluarkan lebih sedikit biaya
- Dimodifikasi sesuai keinginan perusahaan
Kekurangan Absensi Manual
- Pengerjaan membutuhkan waktu lebih lama
- Kurang praktis
- Tidak fleksibel
Penggunaan absensi manual bisa jadi efektif untuk perusahaan mikro kecil yang masih memiliki karyawan dan harus menghemat budget operasional.
Namun perlu diketahui juga bahwa penggunaan absensi manual membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengelola datanya.
Opsi Pengganti Absensi Manual
Selain menggunakan absensi manual menggunakan beberapa contoh form di atas, Anda juga bisa memanfaatkan absensi online yang sekarang ini sudah banyak digunakan untuk perusahaan.
Bahkan banyak aplikasi absensi online yang menawarkan harga terjangkau sehingga UMKM pun bisa menggunakan teknologi ini dengan harga yang terjangkau pula.
Untuk penggunaan pada absensi tertentu seperti absensi perjalanan dinas, kunjungan kerja maupun freelance dan kerja remote, tentu saja absensi online ini menjadi satu teknologi yang sangat memberikan kemudahan. Sebab ia mampu menembus jarak dimana saja dengan mudah.
Fitur yang ada pada absensi online dan tidak ada pada absensi manual adalah
- Absensi kunjungan kerja / absensi dinas
- Pencatatan absen otomatis
- Laporan absensi
- Pencatatan waktu absen secara akurat
Dengan fitur yang lengkap tersebut tidak heran banyak orang yang mulai beralih menggunakan absensi online baik dalam bentuk aplikasi absensi maupun web app.
Kelebihan Absensi Online
- Fleksibel
- Mudah digunakan
- Memiliki fitur lengkap (absensi sampai dengan laporan)
- Tidak perlu membuat laporan manual
- Semua sudah otomatis
Kekurangan Absensi Online
- Perangkat harus selalu terhubung dengan koneksi internet
- Membayar biaya berlangganan
Jadi dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan absensi online Anda bisa mengetahui penggunaanya.
Sekarang ini pun banyak aplikasi absensi online yang sudah memberikan harga terjangkau dengan fitur yang lengkap.
Salah satunya adalah Kantor Kita, aplikasi absensi online dengan banyak fitur yang mudah dipahami sehingga cukup terjangkau untuk UMKM sampai dengan perusahaan besar.
Kelola Absensi Lebih Mudah Dengan Absensi Online Kantor Kita
Daripada capek mengelola data absensi karyawan dan perlu menyiapkan segalanya dengan manual dan menyita waktu. Akan lebih baik menggunakan aplikasi absensi karyawan online dari Kantor Kita.
Absensi online yang bisa Anda pakai dengan harga terjangkau, termasuk untuk UMKM. Berapapun jumlah karyawan Anda bisa berlangganan Kantor Kita.
Kami memiliki biaya berlangganan per-user sampai dengan paket pertahunnya. Sehingga semua karyawan bisa masuk.
Bagaimana dengan fitur dari Kantor Kita?
Ada banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan pengelolaan absensi karyawan di perusahaan. Diataranya
Absensi karyawan Kantor Kita memudahkan Anda mengelola data absensi sampai dengan penggajian karyawan dengan efisien. Tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengelola absen karyawan sampai dengan gaji.
Untuk harga dan berlangganan, Anda bisa langsung menghubungi Kontak Kantor Kita atau melakukan privat zoom meeting dengan tim Kantor Kita.
Baca : 5 Kelebihan Aplikasi Absensi Kantor Kita Yang Membuatnya Banyak Dipilih
Kesimpulan
Absensi karyawan harus dikelola dengan baik karena absensi menjadi dasar dalam penghitungan gaji dan penilaian performa kerja karyawan.
Pencatatan kehadiran bisa menggunakan proses pencatatan manual, misalnya menggunakan form data hadir karyawan. Di atas sudah di jelaskan pencatatan data hadir karyawan lengkap dengan contoh form data hadir karyawannya.
Sekarang ini pencatatan data hadir karyawan bisa menggunakan aplikasi absensi karyawan online yang membantu meng-efisiensi pengelolaan data absensi. Sekarang juga sudah banyak aplikasi absensi online yang terjangkau misalnya dari Kantor Kita.
Sekian ulasan hari ini tentang form data hadir karyawan dan contohnya untuk Anda, semoga bermanfaat!