Aplikasi MarketingAplikasi marketing adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan sekarang ini untuk membantu mengelola urusan marketing. Baik itu pemasaran sampai dengan penjualan atau sales. Salah satu aplikasi marketing yang memiliki fungsi utama untuk mengelola sales biasa dikenal dengan sebutan CRM (Customer Relationship Management).

Jika membicarakan tentang aplikasi marketing maka pembicaraan tidak hanya singkat tentang pemasaran dan penjualan, namun di dalamnya mengandung cakupan yang cukup luas. Apalagi hadirnya sistem pemasaran digital atau banyak yang kita sebut dengan digital marketing. Ada banyak sekali aplikasi marketing yang digunakan.

Jika digunakan dengan baik, aplikasi ini memiliki fungsi dan hasil yang cukup efektif untuk bisnis Anda. Peluang penghasilan yang lebih besar juga didapatkan. Apa saja sih aplikasi marketing yang cocok digunakan untuk mendukung bisnis Anda? mari kita ulas bersama

Aplikasi Marketing

Aplikasi marketing adalah sebuah perangkat lunak yang bekerja untuk membantu mengelola dan mempermudah urusan manajemen pemasaran dan penjualan sehingga kerja lebih maksimal dan efisien. Cakupan aplikasi marketing ini misalnya pada urusan manajemen konten, prospek, promosi, laporan dan statistik, manajemen penjualan dan informasi pelanggan.

Adanya aplikasi marketing ini tentunya diperlukan untuk memudahkan kerja, menghasilkan proses kerja yang efisien dan efektif dan tentu saja mendapatkan hasil kerja/output yang lebih baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Penggunaan aplikasi untuk bekerja ini membuat waktu kerja lebih ringkas sehingga perusahaan bisa memaksimalkan kerja selanjutnya.

Aplikasi Marketing

Figure 1 Aplikasi Marketing

Aplikasi marketing memiliki banyak manfaat dan tujuan penggunaan. Seperti tujuan pembuatan aplikasi pada umumnya, yaitu untuk memudahkan pekerjaan, begitu juga dengan aplikasi marketing. Beberapa manfaat penggunaan aplikasi marketing adalah:

1. Memudahkan Pekerjaan

Jika membicarakan tentang kemudahan, dengan adanya aplikasi atau perangkat lunak, pekerjaan bisa lebih mudah.

Contoh paling sederhana adalah penggunaan aplikasi pengolah kata. Dimana kita bisa lebih mudah mengetik, dengan fitur lengkap dan memungkinkan untuk dicetak. Begitu juga dengan aplikasi marketing, dimana Anda memiliki banyak fitur untuk memaksimalkan urusan marketing hanya dari perangkat namun semua data bisa didapatkan.

Baca Artikel : Cara Monitoring Sales

2. Proses Kerja yang Efektif dan Efisien

Setiap periode, peradaban dan teknologi pasti akan selalu berkembang sesuai dengan waktu dan kebutuhan yang terus berjalan. Begitu juga dengan bidang marketing, dimana pengembangan teknologi dan cara kerja juga dibuat lebih baik menyesuaikan masanya. Jika Anda merasakan, dulu untuk urusan marketing dan penjualan masih banyak yang dilakukan secara konvensional. Dimana membutuhkan waktu yang lama, karena proses yang kurang sederhana.

Sedangkan  sekarang adanya aplikasi marketing, proses pengerjaan lebih cepat dan efisien. Hal ini bisa disebabkan karena sistem aplikasinya atau juga koordinasi yang lebih mudah dengan aplikasi tersebut.

Maksud kerja efektif dan efisien adalah penggunaan waktu yang lebih ringkas, proses kerja yang terstuktur, pengeluaran budget yang terukur dan juga tenaga yang digunakan lebih minim dengan hasil yang baik.

Proses kerja yang efektif ini bisa Anda pahami dalam penggunaan aplikasi sales management dimana proses penjualan bisa lebih efektif, terarah juga lebih ringkas karena aplikasi ini memotong proses kerja namun memberikan  hasil yang baik pula.

3. Membantu Pengelolaan Manejemen Data

Aplikasi marketing cukup efektif digunakan karena memberikan laporan atau data yang real sehingga Anda bisa menggunakan data untuk mengukur hasil, merancang strategi dan evaluasi. Misalnya saja Anda melakukan penerapan SEO untuk marketing website, Anda menggunakan aplikasi SEO untuk melihat bagaimana hasil SEO tersebut secara real sehingga bisa melihat hasil, peluang dan menilai keberhasilan. Begitu juga penggunaan aplikasi marketing lainya dimana Anda bisa mendapatkan statistik dan data yang Anda inginkan.

Baca Artikel : Software Akuntansi Perusahaan

4. Output yang Lebih Baik

Nah, ini adalah satu hal yang paling utama selain dari prosesnya adalah dari hasilnya. Output dari penggunaan aplikasi marketing diharapkan bisa lebih baik daripada tanpa aplikasi, sebab aplikasi sudah dilengkapi dengan data, statistic, kelengkapan fitur dan proses pengerjaan yang lebih mudah sehingga jika pengguna memaksimalkan hal ini hasil yang diharapkan juga maksimal. Namun kembali lagi aplikasi hanya alat, sehingga hasil tetap ditentukan dari penggunaan dan strategi dari user.

aplikasi marketing

Penggunaan Aplikasi Marketing Untuk Bisnis

Aplikasi Marketing yang Harus Dimiliki untuk Bisnis

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, aplikasi marketing bukan hanya membicarakan tentang pemasaran berupa iklan saja namun luas. Juga meliputi strategi sales dan penjualan. Beberapa contoh aplikasi marketing yang bisa Anda gunakan adalah

1. Aplikasi Digital Marketing Manajemen

Marketing sekarang ini tidak lagi menggunakan teknik konvensional namun sudah menggunakan teknologi digital. Jika Anda sudah menerapakan pemasaran digital, maka sangat perlu untuk menggunakan aplikasi marketing manajemen. Aplikasi ini bekerja dengan membantu Anda mengurus marketing digital seperti email, sosial maedia, website, landing page  dengan cukup membuka aplikasi saja.

Salah satu aplikasi digital marketing manejemen ini contohnya dari sales autopilot.

2. Aplikasi Data Manajemen

Untuk Anda yang sudah memiliki bisnis dengan marketing yang sudah berjalan, maka perlu menggunakan aplikasi data manajement. Dimana ini adalah sistem yang membantu Anda mengelola data marketing dan asset dengan baik dan terstruktur. Jadi pengelolaan jauh lebih mudah. Salah satu contohnya adalah dari pimcore.

3. Aplikasi Penjualan dan Sales

Sales dan penjualan juga termasuk bagian dari aplikasi marketing. Aplikasi ini membantu mengelola tenaga penjualan agar memiliki kerja yang lebih efektif, dan merampingkan proses sales. Aplikasi sales ini merupakan pengembangan dari sistem manajemen sales konvensional, dimana Anda bisa memasukkan data customer, stock, pipeline, sampai hasil pencapaian penjualan dan laporan.

Cukup lengkap, bukan? Jadi semua urusan sales terukur dari proses kerjanya sampai pencapaiannya.

Salah satu contoh aplikasi manajemen sales dan penjualan ini bisa Anda temukan dari aplikasi sales Kantor Kita. Sebenarnya aplikasi Kantor Kita memiliki layanan yang cukup beragam karena memang difokuskan untuk aplikasi perkantoran, mulai dari aplikasi absensi online, aplikasi penomoran surat, aplikasi kasir, procurement sampai dengan aplikasi sales ini. Jadi dengan satu aplikasi, Anda bisa menggunakan banyak layanan di dalamya.

Aplikasi marketing cukup penting dimiliki untuk memudahkan kerja dan pengelolaan marketing lebih baik. Anda bisa menggunakan aplikasi marketing ini untuk memaksimalkan kerja dan mendapatkan output yang Anda harapkan.

Baca Artikel Tentang Software untuk Sales

Aplikasi Marketing Kantor Kita

Aplikasi Kantor Kita memiliki banyak layanan yang bisa Anda maksimalkan. Salah satunya aplikasi sales dan penjualan. Beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan dalm aplikasi sales Kantor Kita adalah

  1. Management informasi customer
  2. Marketing database
  3. Task sales management
  4. Analisis penjualan
  5. Laporan dan statistis

Dengan menggunakan aplikasi Kantor Kita, banyak add on yang ditambahkan untuk mendukung kerja sales. Dengan tampilan visual yang menarik buat pekerjaan Anda lebih mudah dan menyenangkan.

Cek informasi tentang Kantor Kita langsung di website official Kantor Kita atau hubungi Customer Service di Kontak Kantor Kita yang siap memberi informasi dan bantuan kepada Anda.

Kesimpulan

Aplikasi marketing memiliki banyak fungsi, jika digunakan dengan baik memberi Anda banyak peluang dan keuntungan. Aplikasi marketing bisa dimulai dari pemasaran digital sampai dengan aplikasi penjualan. Sekian ulasan tentang aplikasi marketing hari ini, semoga bermanfaat untuk Anda!