Aplikasi Absensi KaryawanAplikasi absensi karyawan online merupakan cara baru berabsen di masa digital. Setelah sebelumnya menggunakan berbagai jenis metode absensi, cara absen online inilah yang dinilai cukup efisien di masa sekarang walau tidak menutup kemungkinan bahwa besok akan ada cara absensi yang jauh lebih baik lagi.

Membicarakan aplikasi kantor seperti aplikasi absensi karyawan, apa sih sebenarnya fitur penting yang dibutuhkan perusahaan untuk memantau dan mengelola karyawan? Karena seperti yang kita ketahui ada banyak sekali aplikasi absen dengan berbagai fitur yang dimiliki.

 

Aplikasi Absensi Karyawan Adalah

Aplikasi Absensi Karyawan

Aplikasi absensi karyawan adalah sistem yang digunakan untuk mencatat kehadiran karyawan secara otomatis atau online. Sistem ini menggantikan cara konvensional agar pencatatan absensi lebih mudah. Sistem bisa digunakan dalam bentuk software, aplikasi maupun website desktop.

Di Indonesia, sistem pencatatan absensi online seperti ini sudah cukup banyak bermunculan. Baik yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Salah satunya aplikasi absensi dari Kantor Kita.

Yang membedakan sistem absensi satu dengan lainya adalah layanan dan fitur yang diberikan untuk pengguna. Tentu saja aplikasi absensi berbayar akan jauh lebih lengkap dan prima dalam memberi pelayanan daripada absensi karyawan gratis.

 

Metode yang Digunakan Dalam Aplikasi Absensi

Ada banyak metode yang digunakan sistem untuk mencatat kehadiran karyawan. Metode tersebut adalah

1. Pencatat Waktu

Metode pertama dan cukup dasar yang digunakan untuk mencatat waktu kehadiran adalah dengan menandai waktu masuk dan keluar karyawan seperti biasa. Dalam sistem ini memiliki time tracker sehingga input waktu absensi masuk dan keluar tetap akurat karena tidak bisa dipermainkan. Selanjutnya hasil absensi tercatat dalam absensi HRD.

2. Perekam Wajah

Metode pencatatan absensi selanjutnya adalah dengan sistem perekaman wajah. Dimana metode absensi ini menggunakan pengenalan wajah juga swafoto untuk mencatat kehadiran karyawan. Data yang terkirimkan di laporan absensi harian nantinya tidak hanya waktu absen saja melainkan juga wajah karyawan sebagai bukti absensi.

3. Scan Barcode

Selanjutnya adalah scan barcode. Karyawan bisa melakukan absensi dengan menscan barcode pada ID card karyawan. Jika perusahaan menggunakan satu mesin untuk scan banyak karyawan maka dengan aplikasi absensi karyawan metode scan barcode ini, bisa dilakukan menggunakan perangkat masing-masing.

Itulah beberapa metode yang bisa digunakan dalam sistem absensi karyawan. Anda bisa memilih metode absensi ini sesuai dengan kebutuhan kantor Anda.

 

Fitur Umum yang Ada dalam Aplikasi Absensi

Dengan mengetahui manfaat dari masing-masing fitur aplikasi absensi maka akan jauh lebih mudah dalam pemilihan aplikasi absensi karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa fitur penting dalam aplikasi absensi adalah

1. Time Tracker

Ini adalah fitur untuk pencatat waktu absen setiap karyawan. Time tracker ini merupakan fitur dasar yang dimiliki semua aplikasi absensi sehingga setiap absen berangkat maupun pulang, waktu bisa tercatat dengan jelas.

Fitur ini sangat membantu produktivitas karyawan dalam hal ketepatan waktu, karena keterlambatan maupun kesesuaian waktu setiap harinya bisa terbaca dengan baik. Selain itu time tracker ini juga membantu pengelola karyawan menghitung waktu kerja.

Time tracker dalam aplikasi absensi memiliki bentuk yang beragam, ada yang digunakan hanya untuk pencatatan waktu absen datang dan pulang, ada juga penggunaan seperti stopwatch yang menghitung waktu kerja awal sampai selesai yang biasanya digunakan untuk pekerja paruh waktu, lembur karyawan maupun freelancer.

Jenis time tracker manakah yang Anda butuhkan untuk memeriksa absen karyawan?

2. GPS

Setelah time tracker sekarang kita beralih ke fitur tracking lokasi karyawan yang menggunakan GPS sebagai tools utama. Gps ini membantu proses absensi online menjadi lebih fleksibel dan juga meminimalkan kecurangan absensi untuk karyawan. Fitur GPS digunakan saat perjalanan dinas maupun kerja remote karyawan sehingga perusahaan bisa tetap memantau lokasi secara real Ketika karyawan bekerja.

Umumnya GPS ada dalam aplikasi absensi karyawan sebab fitur inilah yang membuat sistem tetap akurat.

3. Rekap Absensi Karyawan

Fitur yang cukup penting untuk HRD adalah rekap absensi karyawan atau hasil laporan absensi karyawan perbulan. Semua aplikasi absensi dilengkapi dengan laporan absen namun masing-masing aplikasi memiliki karakter dan kelengkapan tersendiri.

Mulai dari visual, sajian dalam bentuk grafik, tabel atau juga penggunaan warna-warna tertentu untuk memudahkan pengelola absen menganalisa rekapan absensi seluruh karyawan. Walaupun rekap absensi ini urusan pengelola absen seperti HRD akan tetapi bagian inilah yang paling dibutuhkan dan perlu dijadikan pertimbangan Ketika memilih aplikasi absensi karyawan.

Baca Artikel : 5 Indikator untuk Penilaian Kinerja Karyawan

Tidak semua laporan memiliki kelengkapan dan visual yang bagus untuk membantu HRD menganalisa absensi karyawan jadi pilih aplikasi yang bisa memberikan kemudahan untuk Anda.

4. Payroll

Fitur tambahan namun cukup penting kehadirannya untuk memudahkan pengelolaan karyawan adalah payroll. Jika Anda cukup cermat melihat beberapa aplikasi absensi, tidak semua layanan memberikan fitur payrollnya atau jika ingin menggunakan payroll maka perlu memberikan biaya tambahan yang lebih besar.

Payroll adalah manajemen penggajian karyawan dimana hasil penghitungan upah dipengaruhi oleh absensi harian. Biaya pemotongan misalnya dari keterlambatan, maupun potongan jenis lain juga bisa diolah secara otomatis menggunakan sistem payroll ini.

Perhitungan Gaji Otomatis Kantor Kita

Penggunaan fitur ini sangat memberikan kemudahan untuk HRD karena tidak perlu menghitung gaji karyawan dan mencocokan dengan absensi secara manual. Penghitungan gaji dilakukan secara otomatis, mudah dan cepat apalagi untuk perusahaan dengan banyak karyawan.

 

Rekomendasi Aplikasi Absensi Karyawan

Memilih aplikasi absensi untuk kebutuhan perusahaan yang tinggi tidak bisa dilakukan secara acak. Perlu dilakukan riset kecil untuk menemukan aplikasi absen sekaligus memenuhi kebutuhan pengelolaan absensi karyawan.

Salah satu aplikasi absensi karyawan yang bisa dipilih untuk kebutuhan kantor Anda adalah Kantor Kita. Dilengkapi dengan fitur pengelolaan absensi karyawan maupun administrasi kantor yang lengkap dan juga terjangkau.

Beberapa fitur terbaik Kantor Kita adalah

  1. Metode absensi face recognition
  2. Laporan/rekap absensi karyawan dengan visual menarik dan ringkas
  3. Payroll
  4. Tracking lokasi dengan GPS
  5. Perizinan dan cuti online
  6. Reimbursement
  7. Pengolahan database karyawan mandiri

Dengan ke-empat fitur utama Kantor Kita, pengelolaan karyawan dalam perusahaan jauh lebih mudah dan cepat. Penilaian sampai pemantauan kerja tidak lagi dilakukan secara manual, efisiensi waktu dan tenaga tentunya jauh lebih besar.

aplikasi absensi terbaik

Fitur Kantor Kita tidak terbatas ke-enam poin di atas, masih ada banyak Fitur Kantor Kita yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan untuk pengelolaan data. Seperti pengelola keuangan, inventaris barang sampai dengan surat menyurat.

Jangan khawatir masalah biaya berlangganan karena Anda bisa menggunakan paket tahunan yang jauh lebih hemat. Akses full fitur mulai dari RP. 1.900.000/Tahun untuk 100 pengguna. Cukup hemat, bukan dibanding aplikasi absen lainya?

Baca Juga Artikel : 5++ Cara Membuat Karyawan Nyaman Bekerja

Sedangkan untuk berlangganan bulanan Anda juga mendapatkan tawaran yang menarik, semakin banyak pengguna/karyawan maka biaya juga lebih murah. Mulai RP. 10.000/user dengan jumlah pengguna maksimal 50. Pengguna lebih dari itu? Biaya hanya RP. 8.500 sampai RP. 7.500 per usernya.

Layanan harga hemat dengan fasilitas hebat, yuk coba free trial 15 hari untuk menikmati akses Kantor Kita full fitur secara gratis.

Hubungi kantor kita official untuk konsultasi biaya sampai pertanyaan teknis tentang aplikasi absensi online Kantor Kita.