Aplikasi HR untuk Perusahaan — Ada banyak aplikasi HR yang muncul akhir-akhir ini, yang jelas merupakan langkah yang baik untuk kehidupan profesional, khususnya dunia HR. Banyak pekerjaan bisa dipermudah dengan aplikasi HR ini.
Seperti yang kita ketahui dalam manajemen sumber daya manusia, manajemen bukan hanya perintah kerja dan motivasi, tetapi juga manajemen administrasi karyawan yang baik. Beruntungnya di Aplikasi untuk HRD ini, secara umum sudah memiliki fitur sesuai kebutuhan HRD.
Di Indonesia, aplikasi HR juga banyak dikenal dengan software HRIS yang menyediakan banyak fungsi berbasis web yang memudahkan tugas HR dalam mengelola karyawan. Seperti apa sih aplikasi ini pentingnya untuk tim HR dan apa manfaatnya? Mari kita bahas bersama di ulasan hari ini.
Rekomendasi Software HR : Software Absensi Kantor Kita
Aplikasi HR untuk Tim HRD Perusahaan
Aplikasi untuk HRD adalah aplikasi perkantoran yang terutama menangani sistem kepegawaian. Aplikasi HR ini menawarkan banyak fitur yang memudahkan pengelolaan tugas manajemen karyawan. Tentunya aplikasi HR ini menggunakan beberapa teknologi untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan SDM.
Seperti teknologi yang berkaitan dengan lokasi, sistem cloud, sistem keamanan, dan juga sistem otomasi untuk membuat menyelesaikan pekerjaan secara otomatis sudah digunakan. Secara keseluruhan, aplikasi HR ini memiliki banyak fitur luar biasa di dalam aplikasi.
Kenapa Tim HR Membutuhkan Aplikasi HR?
Tujuan utama penggunaan aplikasi SDM adalah untuk memudahkan pelaksanaan tugas pengelolaan SDM. Jika Anda berpikir bahwa aplikasi HR digunakan untuk menggantikan peran profesional HR, Anda mungkin tidak sepenuhnya benar. Karena aplikasi ini seperti mesin yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan, sehingga hasil pekerjaan bisa lebih berkualitas dengan metode kerja yang hemat biaya dan hemat tenaga.
Jadi aplikasi HR menyediakan sistem untuk mengelola karyawan ketika HR disini sebagai administrator menggunakan aplikasi ini.
Baca juga : Tips Memilih Aplikasi Absensi Online Untuk Karyawan
Fitur yang Ada dalam Aplikasi HR
Secara umum, program SDM memiliki beberapa fungsi dasar. Dari manajemen kehadiran online hingga kepegawaian hingga pengadaan. Berikut penjelasan lengkapnya.
1. Manajemen perekrutan
Manajemen perekrutan adalah sistem yang digunakan untuk mengelola masalah kepegawaian. Mulai dari sosialisasi, pembuatan formulir, pendaftaran ulang dan proses tes tertulis hingga wawancara. Sistem terpadu ini membuat perekrutan menjadi lebih mudah dan lebih mudah.
Aplikasi HR untuk rekrutmen membantu mengatur manajemen kandidat, dari mulai database kandidat, proses seleksi dan lain sebagainya. Dengan sistem yang baik proses rekrutmen kandidat diharapkan bisa berjalan dengan baik pula.
Bacaan terkait : Mengenal Perbedaan Rekrutmen Internal dan Eksternal
2. Pengelolaan absensi karyawan
Salah satu hal yang sangat bermanfaat untuk HRD dalam aplikasi untuk HR adalah sistem pencatatan absensi karyawan. Sebab ini merupakan pekerjaan besar untuk HRD selain payroll. Pencatatan absensi harian, overtime, cuti, laporan dan lainya bukan merupakan hal yang mudah untuk HRD sehingga jika sudah ada sistem otomasi dari aplikasi untuk HR hal ini akan sangat memudahkan tim HR dalam meng-handle masalah absensi karyawan.
Dengan software HRD ini, pengelolaan absensi karyawan sudah otomatis mengurus pencatatan absensi, pantauan absensi, laporan absensi.
Aplikasi Absensi untuk Karyawan : Aplikasi Absensi Android Kantor Kita
3. Payroll
Gaji, atau penggajian, berkaitan dengan pengorganisasian gaji karyawan. Biasanya berupa gaji bersih, mulai dari gaji pokok hingga tunjangan dan bonus, serta upah karyawan. Dengan menggunakan payroll, mengatasi masalah penggajian yang dulu memakan waktu lama kini menjadi lebih mudah dan cepat.
Sebab dalam software HR pengelolaan payroll sudah menggunakan kalkulasi otomatis yang terintegrasi dengan absensi karyawan. Misalnya total absensi dan gaji karyawan, tunjangan, potongan terlambat dan juga potongan BPJS kesehatan dan lainya.
4. Kontrol administratif
Berikutnya adalah manajemen administrasi, di mana fungsi ini mengurus kebutuhan administrasi staf. Misalnya manajemen database karyawan (data diri karyawan), distribusi slip gaji, pengumpulan dokumen pendukung karyawan dan lainya.
Tidak perlu lagi menggunakan cara konvensional menggunakan media kertas untuk pengelolaan data karyawan karena sudah ada software yang berbasis cloud yang sangat fleksibel diakses kapan saja.
5. Pengadaan / Manajemen Pengadaan
General affair adalah salah satu bagian yang masuk dalam tim HR. General Affair atau GA bertanggung jawab atas pengadaan barang. Bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengoperasian barang-barang perusahaan. Fungsi pengadaan ini dapat digunakan oleh GA dan telah ditambahkan beberapa fungsi manajemen sehingga pemangku kepentingan dapat dengan mudah memproses barang.
Proses pengadaan barang (e-procurement) menjadi lebih mudah karena proses pencarian barang, lelang dan lainya bisa dilakukan secara internal dalam sistem HR perusahaan.
Ini adalah beberapa fitur aplikasi HR yang digunakan dan disediakan oleh aplikasi HR Indonesia. Sebelum memilih aplikasi yang tepat, ada baiknya aplikasi disesuaikan dengan kebutuhan SDM, agar penggunaannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Apa Kelebihan Menggunakan Aplikasi HR?
Ada beberapa keuntungan menggunakan aplikasi HR yang bisa digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih aplikasi untuk HR di perusahaan.
1. Sederhana
Menggunakan aplikasi HR menawarkan banyak kemudahan kepada pengguna. Karena sudah memiliki sistem yang user friendly, pengguna hanya perlu memasukkan informasi sesuai kebutuhan. Penyelesaian proses kerja HR yang rumit dan membutuhkan ketelitian tinggi bisa dilakukan dengan mudah dan instan dengan aplikasi HR ini.
Selain itu aplikasi ini bisa digunakan dalam berbagai perangkat seperti desktop dan mobile, berbasis web app membuat aplikasi bisa dibuka dalam web browser di perangkat mana saja.
2. Efisien
Efisien untuk menyelesaikan pekerjaan HR dengan cepat, semakin cepat pekerjaan selesai maka HR bisa menyelesaikan pekerjaan lain. Aplikasi SDM memberikan efisiensi dengan menghemat waktu proses dan juga memaksimalkan hasil yang diperoleh. Satu aplikasi dapat menghemat waktu dan tenaga untuk pengelolaan SDM di perusahaan.
3. Aman
Keamanan data adalah salah satu hal yang berguna bagi SDM. Untuk menghindari ancaman keamanan, informasi karyawan harus dilindungi dengan baik. Saat memilih aplikasi HR, jangan lupa untuk memilih aplikasi HR yang memiliki sistem keamanan yang jelas agar semua informasi di dalamnya juga aman.
Rekomendasi Aplikasi HR di Indonesia
Salah satu aplikasi HR Indonesia yang banyak digunakan untuk UMKM dan enterprise untuk membantu memudahkan tim HR dalam pengelolaan karyawan adalah Kantor Kita. Software HRD perusahaan dan HR yang fiturnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan HR.
Anda bisa mencoba demo 15 hari gratis untuk mencoba semua fiturnya. Cek kelengkapan fitur, fasilitas juga harganya dengan langsung berkonsultasi dengan tim Kantor Kita. Lanjutkan dengan daftar Kantor Kita untuk berlangganan.