Software Pemasaran Digital – Aplikasi sales atau software pemasaran adalah salah satu aplikasi yang mulai banyak digunakan dewasa ini. Software ini merupakan pengembangan dari metode sales konvensional yang memiliki tujuan untuk memudahkan kerja tim sales dalam mencapai target, memudahkan kerja sama tim dan juga pemantauan tim sales.
Saat ini cara konvensional dalam manajemen tenaga sales tidak lagi sesuai dengan lingkungan industri. Sebab cara konvensional memakan waktu yang lebih banyak dan juga keakuratan masih banyak minusnya. Untuk itulah software pemasaran digital diciptakan, untuk membentuk lingkungan kerja tim sales yang terstruktur, rapi dan detail.
Software Pemasaran Digital, Gantikan Cara Konvensional
Sepertinya kita semua sepakat bahwa tim sales adalah bagian depan dalam proses penjualan produk yang langsung bersinggungan dengan customer. Dari tim sales inilah capaian keuntungan dan keberhasilan penjualan berada. Namun bagaimana jika tim sales memiliki strategi yang kurang tepat atau proses kerja yang kurang efektif?
Anda bisa memaksimalkan kerja tim sales menggunakan software pemasaran digital. Menggunakan software ini agenda harian sudah jelas sehingga kerja akan tebih tersistem dan terstruktur.
Leader sales bisa memberikan delegasi apa saja kepada tim sales dengan mudah sesuai dengan update kondisi di software pemasaran tersebut, dengan begitu kerja akan lebih efisien dan tersistem.
Baca Artikel : Aplikasi Marketing
Software pemasaran digital ini mewadahi semua tim sales sehingga delegasi, koordinasi dan penjadwalan sangat mungkin dilakukan dalam satu platform. Apalagi software ini memiliki banyak fitur dan sudah berbasis cloud sehingga semua dokumen, data dan informasi akan otomatis tersimpan atau terupdate dalam software.
Untuk pengelolaan stock juga sudah masuk dalam salah satu fitur software pemasaran ini, jadi tim sales bisa update stock dengan mudah dan real time.
Jika menggunakan cara konvensional koordinasi tim dalam satu platform akan sulit dilakukan, pun delegasi dan switch job antar satu sales dengan sales lainya tidak semudah menggunakan software pemasaran ini.
No | Penggunaan Software Pemasaran Digital | Fitur |
1 | Mendukung kerja sales | a. Sales task /manajemen tugas |
b. Koordinasi tim (problem solving, delegasi tugas, switch tugas) | ||
c. Update stock | ||
2 | Pemantauan sales | a. Tracking sales dengan GPS |
b. Informasi target | ||
c. Informasi pencapaian | ||
d. Laporan | ||
3 | Fitur pendukung | a. Kompatible dengan perangkat desktop dan mobile |
b. Integrasi dengan software lainya (Email, Whatsapp, Pengolah dokumen) | ||
4 | Manajemen Customer | a. Pengiriman invoice |
b. Handle aduan customer | ||
c. Kelola customer potensial |
Table 1 Penggunaan Software Pemasaran Digital
Pemantauan Sales
Tujuan utama pembentukan software sales selain untuk mengefisienkan kerja sales juga untuk membantu manajer dalam memantau kerja tim sales.
Taukah Anda bahwa pemantauan kerja akan sangat berpengaruh terhadap capaian dan performa kerja tim sales?
Jika dulu manajer sulit menilai kerja sales sehingga hasil penjualan cenderung stagnan bahkan merosot maka dengan software pemasaran yang juga digunakan untuk memantau ini memberikan peluang hasil penjualan yang lebih tinggi. Sebab manajer bisa mengetahui dan turun langsung untuk menerapkan cara kerja yang efektif, melihat apa yang kurang dan penambahan strategi.
Software pemasaran di dukung dengan banyak fitur pantauan, misalnya pencapaian penjualan sales, performa sampai dengan laporan dan analisis. Dengan begitu tidak perlu memantau dengan cara konvensional lagi.
Software pemasaran memang cukup efektif menggantikan cara lama. Bagaimana tidak, pemantauan dan pengecekan hanya dilakukan dalam waktu tertentu, misalnya sebulan sekali. Sedangkan jika menggunakan software ini pemantauan dan update informasi terjadi setiap saat dan setiap hari.
Pemantauan sales dari segi data dan pencapaian, juga melalui pelacakan. Sekarang, software untuk sales ini sudah didukung dengan GPS sehingga pelacakan sales bisa dengan mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pelacakan gps untuk sales ini misalnya pada aktifitas lapangan sales. Tujuan penggunaan GPS ini misalnya untuk
- Mengecek lokasi saat di lapangan
- Pengoptimalan rute perjalanan sales
- Pengecekan check in dan check out sales saat di lapangan
Jadi kerja sales lapangan juga lebih terjamin kualitas dan performanya.
Bantu Urai Masalah Tim Sales
Terkadang, manajer tidak tahu apa tantangan dan masalah yang terjadi pada tim sales di lapangan. Namun berkat software pemasaran digital ini, manajer juga lebih tahu apa masalah dan bagaimana kondisi di lapangan.
Baca Artikel Tentang E-Procurement untuk Perusahaan
Manajer bisa membantu memberikan solusi dan opsi lain jika sales menemui kendala. Dengan hal-hal seperti ini, dapat mengurangi beban sales, masalah di lapangan terpecahkan dan juga hasil pencapaian penjualan juga lebih maksimal.
Penilaian Sales Lebih Akurat
Seperti yang sudah disinggung di atas, software pemasaran digital memberikan data hasil dan laporan penjualan secara update dan juga pelacakan sales lapangan maupun performa lainya. Hal ini bisa menjadi bahan utama untuk memberikan penilaian kepada tim sales secara akurat.
Berbeda dengan cara penilaian sebelumnya yang memiliki tingkat keakuratan lebih rendah sehingga membuat penilaian tim sales kurang efektif.
Jika penilaian akurat dan efektif seperti ini, akan membuat tim sales lebih optimal mengerjakan pekerjaanya karena tahu bahwa penilaian dilakukan secara adil dan objektif. Hal ini menjadi motivasi tersendiri untuk tim sales.
Dari penilaian ini, pemberian reward maupun bonus akan lebih adil dan transparan karena penilaian dilakukan secara terbuka dan jelas. Sales akan termotivasi dan lebih giat. Lingkungan sales yang positif pun akan terbangun.
Software Sales yang Responsif
Software sales ini sudah berbasis cloud yang memungkinkan data terpusat dan bisa diakses menggunakan berbagai perangkat dimana saja dan kapan saja. Baik itu menggunakan tampilan desktop seperti PC dan laptop maupun mobile seperti tablet dan smartphone.
Dengan software yang cukup responsif untuk berbagai perangkat, membuat software ini cukup friendly digunakan oleh siapa saja. Apalagi jika tim sales lapangan yang memiliki mobilitas tinggi, cukup menggunakan smartphone saja dapat mengakses software dengan baik.
Software Pemasaran Digital Kantor Kita
Salah satu software pemasaran digital yang bisa Anda pilih adalah dari Kantor Kita. Pengembang aplikasi kantor yang menyediakan aplikasi manajemen sales. Informasi mengenai aplikasi ini secara detail dapat Anda ketahui secara langsung dengan menghubungi Kontak Kantor Kita.
Membantu memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. Dengan menyediakan berbagai pilihan aplikasi perkantoran mulai dari aplikasi absensi sampai dengan manajemen kasir dan procurement.
Itulah informasi mengenai software pemasaran digital untuk tim sales dan manajer. Semoga berguna untuk Anda!